Lodeh tahu tempe bumbu tumis. Resep sayur lodeh lengkap dengan bumbu spesial masakan sayur lodeh menjadi menu masakan khas indonesia. Yuk belajar lagi cara membuat Bumbu sayur lodeh sendiri dapat di uleg atau di rajang ( di iris ), namun menurut saya pribadi lebih memilih bumbu yang di uleg dengan campuran. Olahan tahu tempe yang mungkin bisa membantu kamu untuk tidak bosan mengonsumsinya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Tumis merupakan salah satu masakan yang enak dan juga praktis dalam membuatnya. Nah kali ini Resep Masakan Nusantara ingin berbagi resep tumis tempe tahu. Menggunakan bumbu tradisional yang mudah didapat, sayur lodeh dengan terung ungu atau hijau ini semakin dihangatkan semakin legit dan lezat lho rasanya.
Anda bisa mendapatkan Lodeh tahu tempe bumbu tumis menggunakan 20 bahan dan 5 langkah. Silahkan disimak informasi penting dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Lodeh tahu tempe bumbu tumis

  1. Perlu 3 buah tahu putih.
  2. Perlu 60 gr tempe.
  3. Siapkan Sayuran: 4 batang kacang panjang, 3 lembar kol.
  4. Perlu 1 sachet kecil (65 ml) santan sun kara.
  5. Ambil 1 siung bawang putih.
  6. Ambil 3 siung bawang merah.
  7. Siapkan 2 buah cabe merah besar.
  8. Siapkan 2 buah cabe hijau besar.
  9. Ambil 2 buah cabe merah kriting.
  10. Siapkan 3 buah rawit pedas.
  11. Ambil 1 lembar daun salam.
  12. Ambil 1 batang sereh.
  13. Ambil 1 ruas lengkuas.
  14. Perlu 1 sdt ketumbar bubuk.
  15. Perlu 1/4 sdt lada bubuk.
  16. Perlu 1 sdt garam.
  17. Perlu 1/2 sdt gula pasir.
  18. Siapkan 2 sdm minyak goreng.
  19. Siapkan 600 ml air.
  20. Perlu Minyak goreng untuk menggoreng tahu.

Citarasa yang legit dengan bumbu sayur lodeh terong yang sederhana tetapi menghasilnya rasanya yang luar biasa. Ya sayur lodeh tersebut adalah sayur lodeh tempe. sayur lodeh tempe ini adalah salah satu kreasi yang akan menyemarakan suasana makan siang atau malam anda dan keluarga di rumah. Sajikan lodeh tahu tempe dengan taburan bawang goreng. Masukkan tempe serta tahu sebagai pelengkap, ke dalam tumisan bumbu tersebut. pastikan airnya mencukupi, sehingga semua irisan tempe dan tahu tenggelam dalam air.

Langkah Langkah Membuat Lodeh tahu tempe bumbu tumis

  1. Siapkan bahan bahan. Potong potong tahu dan tempe. Potong kacang panjang dan kol. Iris halus bawang putih dan bawang merah. Iris serong cabe merah, cabe kriting dan cabe hijau. Rawit saya biarkan utuh. Siapkan salam lengkuas dan sereh. Panaskan minyak, goreng tahu hingga berkulit..
  2. Larutkan sekitar 2 sdm santan kental dalam 400 ml air sebagai santan encer, sisa nya dilarutkan dlm 200 ml air sebagai santan kental. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masykan cabe, salam, lengkuas dan sereh. Aduk hingga matang..
  3. Masukan santan encer. Biarkan mendidih. Tambahkan tempe, tahu goreng, kacang panjang dan kol. Masukan garam gula, ketumbar dan lada bubuk. Aduk rata, biarkan mendidih perlahan.
  4. Setelah sayuran dan tempe tampak matang, masukan santan kental. Kecilkan api biarkan mendidih pelan pelan sambil diaduk aduk supaya santan tidak pecah. Setelah mendidih sekitar 10 menit, cicipi, koreksi rasa. Matikan kompor..
  5. Pindahkan ke mangkok saji. Saya nikmati bersama nasi, kerupuk dan ayam goreng buat makan siang. Enak banget..

Masaklah sampai air mendidih dan menyusut. Gunakan api dalam volume kecil agar bumbu meresap dan tidak sampai. Tumis semua bumbu lodeh yang sebelumnya telah dihaluskan. Masukkan sereh, lengkuas, dan daun salam pada tumisan. Potong tahu pong dan tempe sesuai dengan selera, bisa kotak-kotak atau tak beraturan.

Demikian resep terbaik memasak Lodeh tahu tempe bumbu tumis, silahkan dilakukan didapur anda dengan melihat semua bumbu dan cara masak detail diatas. Ingat dibookmark halaman ini agar anda mampu dengan cepat kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, agar bisa selalu mendapatkan update resep terbaru setiap kali kami. Happy Cooking