Ayam Goreng Bumbu Bacem. Jadi ceritanya ini menggabungkan antara dua bumbu ungkepan ayam goreng, bumbu kuning dan bumbu bacem. Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Masak dengan api kecil hingga air kelapa habis, aduk sesekali agar bumbu tercampur rata.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Cara pengolahan dan pembuatan masakan ini tak jauh berbeda dengan proses pembuatan tahu ataupun tempe yang dibacem. Dengan adanya paduan dari daging ayam yang lembut serta bumbu khas yang manis dan gurih, menjadikan olahan ini bisa menjadi menu. Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya.

Sedang mencari ide resep ayam goreng bumbu bacem yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam goreng bumbu bacem yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam goreng bumbu bacem, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ayam goreng bumbu bacem yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Jadi ceritanya ini menggabungkan antara dua bumbu ungkepan ayam goreng, bumbu kuning dan bumbu bacem. Lihat juga resep Ayam goreng bacem tanpa air kelapa enak lainnya. Masak dengan api kecil hingga air kelapa habis, aduk sesekali agar bumbu tercampur rata.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan ayam goreng bumbu bacem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Ayam Goreng Bumbu Bacem memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Goreng Bumbu Bacem:

  1. Gunakan 1 ekor ayam tanpa kepala dan ceker, berat kurleb 1 kg.
  2. Gunakan 3 sdm kecap manis.
  3. Sediakan 3 lembar daun salam.
  4. Sediakan 1 ruas lengkuas, geprek.
  5. Siapkan 2 ruas jahe, geprek.
  6. Sediakan 2 batang sereh, ambil putihnya, geprek.
  7. Siapkan 1 sdm asam jawa.
  8. Sediakan 500 ml air.
  9. Ambil 300 ml minyak goreng (2 sdm untuk tumis bumbu).
  10. Ambil Bumbu Halus.
  11. Siapkan 8 siung bawang merah.
  12. Ambil 5 siung bawang putih.
  13. Ambil 1 sdm ketumbar.
  14. Siapkan 1 sdt merica.
  15. Gunakan 1 sdm gula merah.
  16. Siapkan 1 sdm garam.

Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan. Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok. Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Bacem: Setelah ayam dibersihkan, lanjutkan dengan memasukan air kelapa kedalam panci dan masukkan pula bersama dengan bumbu halus dan garam, gula merah, daun salam, air asam, serai dan juga lengkuas. Aduk-aduk hingga tercampur dan masak sampai agak mendidih.

Cara membuat Ayam Goreng Bumbu Bacem:

  1. Cuci bersih ayam. Potong-potong sesuai selera. Sy jadikan 14 potongan ayam, sengaja dibuat agak kecil2, biar agak banyakan.. hihihiii… udah tanggal tua, irit maaak 😄😅.
  2. Siapkan bumbu halus dan bumbu2 lainnya (daun salam, jahe, lengkuas dan sereh). Campur asam jawa dengan air, remas2, saring..
  3. Tumis bumbu halus hingga setengah matang. Tambahkan daun salam, jahe, lengkuas dan sereh, tumis hingga harum atau bumbu matang. Masukkan ayam, aduk-aduk, masak hingga ayam berubah warna..
  4. Tambahkan air asam jawa dan kecap. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata. Masak ayam hingga matang dan kuah menyusut..
  5. Panaskan minyak goreng. Goreng ayam dengan api sedang cenderung kecil supaya tidak gosong, hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan..
  6. Sajikan ayam dengan sambal terasi dan lalapan 🤤😍.

Ayam goreng bacem ini adalah salah satu jenis masakan yang berasal dari jawa tengah, kata bacem mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama bumbu tersebut. Iya memang kata becem itu sendiri merupakan sebutan bumbu penyedap untuk masakan seperti daging ayam, tahu serta tempe. Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ayam Goreng Bumbu Bacem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!