Sambal terong tempe cabai hijau. Campuran tempe goreng, terung, dan petai dengan sambal cabai hijau sungguh menggiurkan. Campurkan teri goreng sesaat sebelum Tempe Cabai Hijau disantap agar teri tetap renyah. Sambal cabai hijau Padang berbeda rasanya dengan sambal orang Jawa seperti sambal penyet Lamongan dan lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sangat unik bukan? kalau sambal penyet di Jawa tidak. Resep Tongkol Cabai Hijau merupakan hidangan yang dibuat dengan bahan dasar ikan tongkol. Ikan tongkol termasuk jenis ikan laut yang mudah didapat dan harganya pun termasuk murah.

Sedang mencari inspirasi resep sambal terong tempe cabai hijau yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal terong tempe cabai hijau yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal terong tempe cabai hijau, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sambal terong tempe cabai hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Campuran tempe goreng, terung, dan petai dengan sambal cabai hijau sungguh menggiurkan. Campurkan teri goreng sesaat sebelum Tempe Cabai Hijau disantap agar teri tetap renyah. Sambal cabai hijau Padang berbeda rasanya dengan sambal orang Jawa seperti sambal penyet Lamongan dan lainnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal terong tempe cabai hijau yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal terong tempe cabai hijau menggunakan 8 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal terong tempe cabai hijau:

  1. Sediakan 1 buah tempe.
  2. Siapkan 5-6 buah terong bulat.
  3. Sediakan 250 gram cabai hijau (muda).
  4. Ambil secukupnya Sambal plecingan khas inak.
  5. Siapkan 2 sdt kecap manis.
  6. Siapkan secukupnya Minyak goreng.
  7. Sediakan Secukupnya Kaldu sapi (bisa pakai yg bubuk).
  8. Sediakan Secukupnya penyedap rasa.

Jenis ikan ini juga memiliki sumber protein yang sangat baik untuk tubuh. Source : CP Aang Hudaya dengan modifikasi ala Ada modif ala saya di sini, resep asli pakai terong hijau. Dan ini bahan saya kukus lalu dipanggan. Panaskan minyak, Tumis cabai hijau besar, cabai hijau keriting, cabai rawit hijau, tomat Rebus tempe cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan putih hingga semua menjadi empuk.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal terong tempe cabai hijau:

  1. Potong tempe dan terong bulat memanjang atau sesuai selera, sisihkan.
  2. Iris cabai muda agak memanjang atau sesuai selera, sisihkan.
  3. Siapkan wajan dan minyak goreng, panaskan dengan api sedang.
  4. Setelah panas masukkan tempe terlebih dahulu, goreng sampai setengah mateng.
  5. Setelah tempe setengah mateng masukkan terong dan cabai muda, tumis hingga layu.
  6. Masukkan sambal pelecingan khas inak, campur rata.
  7. Cicipi, tambahkan kecap dan penyedap rasa.
  8. Setelah keluar aromanya, tambahkan kaldu sapi (aku pakai yg air bukan bubuk) tunggu sampai bumbunya meresap, cicipi.
  9. Setelah matang, angkat dan sajikan… Selamat mencoba 😍.

Sambal tempe penyet kemangi. foto: Instagram/@berbagiresepsambal. Dan bagi anda yang tinggal di rantau dimana bau terasi dianggap aneh dan bisa mengusik tetangga, saya sarankan untuk tidak. Silahkan klik link dibawah ini: Sambal Lethok (Sambal Tumpang) a la Paron Sambal Terasi Sambal Pecel Ngawi a la My Mom: Mantep Tenan! Sambal tempe kukus terbuat dari tempe kedelai kukus, bumbunya pun ikut dikukus semua. Letakkan bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun jeruk di dalam wadah stainless steel.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sambal terong tempe cabai hijau yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!