Pempek Dos Tanpa Ikan. Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Resep Pempek Tanpa Ikan – Pempek merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Olahan ini terbuat dari campuran tepung dan ikan tenggiri atau tongkol yang diberi kuah cuko.

Lagi mencari ide resep pempek dos tanpa ikan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek dos tanpa ikan yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos tanpa ikan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pempek dos tanpa ikan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pempek dos tanpa ikan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Pempek Dos Tanpa Ikan memakai 18 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pempek Dos Tanpa Ikan:

  1. Ambil 250 ml air.
  2. Siapkan 2 sdt Garam.
  3. Siapkan 1 sdt Kaldu bubuk.
  4. Sediakan 125 gr terigu.
  5. Gunakan 2 butir telur.
  6. Siapkan 200 gr tepung tapioka.
  7. Sediakan Secukupnya tepung tapioka utk baluran.
  8. Siapkan Bahan Cuko.
  9. Siapkan 8 siung bawang putih.
  10. Gunakan 3 buah cabe keriting.
  11. Sediakan 1 buah cabe rawit.
  12. Sediakan 1,5 sdm rebon.
  13. Ambil 200 gr gula merah.
  14. Sediakan 50 gr gula pasir.
  15. Ambil sesuai selera Asam jawa.
  16. Siapkan 1/2 sdt garam.
  17. Gunakan 1/2 sdt kaldu jamur.
  18. Gunakan 400 ml air.

Meski ikan menjadi bahan utamanya, saat ini telah banyak kreasi resep pempek tanpa ikan yang tetap terasa lezat. Tak kalah dengan rasa […] Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek – empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos.

Langkah-langkah membuat Pempek Dos Tanpa Ikan:

  1. Tuang air ke dalam panci. Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Didihkan di atas kompor..
  2. Setelah mendidih, matikan kompor. Masukkan terigu. Aduk rata. Tunggu hingga hangat. Masukkan telur. Aduk rata hingga tdk ada gerindilan..
  3. Masukkan tapioka. Aduk rata. Uleni dgn tangan agar lebih mudah tercampur..
  4. Siapkan tepung tapioka utk baluran. Balur tangan dgn tapioka, kemudian ambil adonan dan dibentuk sesuai selera..
  5. Utk membuat bentuk kapal selamnya, pecahkan 1-2 telur ke dalam mangkuk. Kocok lepas. Ambil adonan. Bentuk bulat, kemudian lubangi tengahnya hingga membentuk kolam. Isi dgn telur. Kemudian pipihkan atasnya hingga tertutup rapat. Klo sy cuma dibentuk lonjong2 aja. 😅 Lakukan hingga adonan habis..
  6. Didihkan air di panci. Tuang sedikit minyak pada air (agar pempek tidak saling lengket). Masukkan adonan yg sdh dibentuk. Rebus hingga mengapung dan terus rebus hingga 5 menitan lagi utk memastikan pempeknya matang..
  7. Angkat dan tiriskan..
  8. Goreng pempek hingga kecoklatan kedua sisinya. Angkat dan tiriskan..
  9. Buat cuko pempek dgn memblender bawang, cabe, dan rebon. Boleh ditambahkan sedikit air..
  10. Pada panci, tuangkan air. Masukkan hasil blenderan, gula merah, gula pasir, asam jawa, kaldu jamur, dan garam. Aduk rata. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa..
  11. Utk penyajian, potong pempek dan tuangkan cuko. Bisa ditambahkan potongan timun dan mie rebus..
  12. Ini setelah seminggu. Masih enak 😋.

Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan. Jadi berakhirlah saya, di hari Minggu kemarin, berkutat di dapur membuat pempek tanpa ikan yang ternyata rasanya tetap gurih dan lezat. Goreng pempek dalam minyak panas sampai permukaannya kecoklatan, angkat serta tiriskan. Selesai dong resep Pempek Dos tanpa ikan Lembut nya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pempek Dos Tanpa Ikan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!