Pempek Dos pake Ikan Cue. Pempek ini salah satu makanan favorit mamake 五. Pempek dos rasanya gak segurih pempek yg pake ikan. Tapi lumayan lah mewakili rasa pempek 不.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek – empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos.

Sedang mencari inspirasi resep pempek dos pake ikan cue yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek dos pake ikan cue yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek ini salah satu makanan favorit mamake 五. Pempek dos rasanya gak segurih pempek yg pake ikan. Tapi lumayan lah mewakili rasa pempek 不.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek dos pake ikan cue, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pempek dos pake ikan cue yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pempek dos pake ikan cue sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pempek Dos pake Ikan Cue menggunakan 22 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pempek Dos pake Ikan Cue:

  1. Siapkan Bahan Pempek.
  2. Gunakan 250 gram tepung sagu.
  3. Ambil 250 gram tepung terigu.
  4. Gunakan 3 ekor ikan cue.
  5. Ambil 3 bawang putih.
  6. Gunakan 3 bawang merah.
  7. Siapkan 2 sdm garam.
  8. Sediakan 1/2 sdt totole.
  9. Siapkan 300 ml air panas.
  10. Ambil 1 sdm minyak goreng.
  11. Sediakan Bahan Kuah Cuko.
  12. Ambil 5 bawang putih.
  13. Siapkan Secukupnya cabe rawit hijau.
  14. Sediakan 1 sdt garam.
  15. Sediakan 1/3 sdt totole.
  16. Siapkan 4 keping gula jawa.
  17. Gunakan 3 sdt gula pasir.
  18. Ambil 450 ml air.
  19. Gunakan 2 sdm cuka (me merk DIXI).
  20. Ambil Pelengkap.
  21. Siapkan Timun.
  22. Siapkan Ebi sangrai (me dari 2sdm rebon+ 1/3 sdt totole).

Ternyata pempek gak pake ikan disebut pempek dos. Lumayan sih rasanya walau tanpa ikan. Harumnya dari kaldu bubuk dan kuah cukonya. Sarapannya itu, siang makan pempek lagi, begitu juga malamnya.

Cara membuat Pempek Dos pake Ikan Cue:

  1. Haluskan bumbu pempek kemudian haluskan ikan cue yang sudah dipisahkan dari tulangnya (yang mau diblander bisa, td pas baby sleep jadi takut berisik makanya saya ulek sajah).
  2. Panaskan air sampai mendidih untuk merebus pempeknya. Sambil nunggu, campurkan ikan dengan tepung terigu lalu tuangi 300ml air panas sedikit demi sedikit. Aduk rata dan diamkan sebentar sampai uap panasnya hilang. Baru masukkan tepung sagunya. Dan aduk kembali.
  3. Setelah airnya mendidih, masukkan 1 sdm minyak goreng dan bentuk adonan. Saya bikin model lenjer saja. Rebus sampai matang td kurleb 10-15 menit dr api besar. Jika sudah matang angkat n tiriskan.
  4. Sambil nunggu matang kita buat kuah cukonya. Rebus gula jawa sampai mendidih. Haluskan bumbu bawang putih, cabe, garam n totole, masukkan ke kuah gula dan tambahkan gula pasir. Masak kembali sampai mendidih dan agak sedikit kental. Tes rasa. Jika sudah pas, matikan kompor dan biarkan agak dingin baru masukkan 2sdm cuka..
  5. Sangrai udang rebon, kemudian ulek/haluskan bersama dgn totolenya, bisa juga diblander supaya lebih halus. Goreng pempek, lalu sajikan dengan timun, ebi sangrai & kuah cuko. Selamat mencoba.

Yap, pempek sekarang bisa Anda nikmati kapanpun dirumah tanpa perlu membelinya di penjual pempek. Untuk Anda yang tidak menyukai ikan pun bisa menikmati pempek. Padahal bahan utama dari pempek adalah ikan tapi kali ini kami akan memberikan pempek tanpa ikan, atau biasa disebut dengan pempek dos. Uniknya pempek ini tanpa ikan jadi lebih ekonomis ya. kalo memang tak ada ikan dirumah, jangan khawatir. pempek dos bisa jadi alternatif kreasi di dapur Kali ini request suami minta dibikinin pempek kebetulan juga karena dirumah gak ada ikan. dan belum sempet ke pasar / supermarket beli ikan, jadi bikin pempek seadanya tanpa ikan. Untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah, resep pempek ikan kakap berikut bisa Anda jadikan pilihan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pempek Dos pake Ikan Cue yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!