Sambal goreng kentang ati ampela. Sambal goreng ati ampela pedas. foto: Instagram/@doctordailykitchen. Cara membuat sambal goreng ati kentang ini cukup mudah dan gampang diikuti kok. Jadi kita bisa membuat resep masakan spesial untuk menu Bahan-bahan Resep Sambal Goreng Ati Kentang Spesial.

Bumbu masak yang begitu khas menjadi hal. Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya.
Anda bisa memasak Sambal goreng kentang ati ampela dengan menggunakan 17 bahan dan 5 langkah. Monggo silahkan diperhatikan segala informasi dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Sambal goreng kentang ati ampela

  1. Siapkan 1/2 kg kentang.
  2. Siapkan 5 pasang ati ampela ayam.
  3. Ambil 1 buah santan kara ukuran segitiga kecil.
  4. Perlu 1/2 buah bawang bombay.
  5. Ambil 2 butir bawang merah.
  6. Perlu 1 ruas lengkuas.
  7. Siapkan 1 batang sereh.
  8. Perlu 4 lbr daun jeruk.
  9. Siapkan 2 lembar daun salam.
  10. Ambil Sedikit air asam jawa.
  11. Ambil Garam dan kaldu jamur.
  12. Ambil Minyak goreng untuk menggoreng dan menumis.
  13. Siapkan Bahan yg dihaluskan :.
  14. Perlu 1 o buah cabai merah keriting.
  15. Perlu 6 buah cabe rawit merah.
  16. Ambil 6 butir bawang merah.
  17. Siapkan 3 butir bawang putih.

Sambal goreng ati ampela seakan sudah menjadi tradisi yang turun temurun bagi masyarakat Jawa dan sekitarnya. Kuliner ini sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas. Selanjutnya masukan santan yang setengah bagian lagi bersama dengan kentang goreng dan irisan dari ati ampela. Sambal goreng ati ada banyak variasi menunya dan ati yang digunakan pun bisa menggunakan ati sapi atau ati ampela ayam.

Instruksi Membuat Sambal goreng kentang ati ampela

  1. Kupas kentang, potong kotak2 dan cuci, tiriskan lalu goreng sampai agak kering, sisihkan.
  2. Cuci bersih bahan2 yang akan di haluskan lalu haluskan cabe, bawang merah dan bawang putih.. geprek lengkuas dan sereh..
  3. Cuci bersih ampela dan ati rebus sampai agak kaku lalu potong sesuaikan dengan besar kentang.
  4. Tumis bawang merah dan bawang bombay yg diiris halus lalu masukkan bumbu halus, aduk sampai wangi masukkan lengkuas dan sereh yg di geprek disusul dengan daun jeruk dan daun salam. Setelah bumbu matang masukkan kentang dan ati ampela yg telah digoreng tadi aduk rata. Masukkan santan (kara), garam, air asam jawa, kaldu jamur dan sedikit gula, koreksi rasa dan masak sampai mengental dan kering..
  5. Siap dihidangkan dengan nasi panas dan tempe goreng tepung. Selamat mencoba.

Resep pertama sambal goreng ati adalah sambal goreng ati campur kentang yang biasa dibuat ibu rumah tangga dirumah resep ini sungguh lezat serta mengandung zat. Resep Sambal Goreng Kentang – Masyarakat Indonesia memang penyuka sambal. Sambal seolah-olah menjadi hidangan yang tidak boleh dilewatkan karena tanpa sambal, makan jadi kurang lengkap. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat sambal goreng kentang ati ampela. Biasanya sambal goreng ati ampela jadi pendamping sempurna untuk makanan berkuah santan.

Inilah resep terbaik memasak Sambal goreng kentang ati ampela, mari dipraktekkan dirumah anda dengan mengikuti semua bahan dan petunjuk detail diatas. Ingat dibookmark website ini jadi anda bisa dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, agar dapat selalu memperoleh update resep terbaru jikalau kami. Selamat masak