*ikan mas goreng sambal matah*. Lihat juga resep Bawal Goreng Sambal Matah enak lainnya. Bumbui ikan dengan Knorr Chicken Powder, garam, gula, merica, dan perasan jeruk nipis. Goreng ikan dalam minyak panas hingga keemasan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kunng keemasan dan tiriskan. Sambal Matah: Tumis bawang merah hingga layu. Lihat juga resep Cakalang Fufu Suwir Sambal Matah enak lainnya.

Lagi mencari inspirasi resep *ikan mas goreng sambal matah* yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal *ikan mas goreng sambal matah* yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Bawal Goreng Sambal Matah enak lainnya. Bumbui ikan dengan Knorr Chicken Powder, garam, gula, merica, dan perasan jeruk nipis. Goreng ikan dalam minyak panas hingga keemasan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari *ikan mas goreng sambal matah*, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan *ikan mas goreng sambal matah* yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat *ikan mas goreng sambal matah* sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan *ikan mas goreng sambal matah* menggunakan 17 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan *ikan mas goreng sambal matah*:

  1. Ambil 1/2 kg ikan mas segar.
  2. Sediakan 1/2 buah jeruk nipis.
  3. Gunakan Bumbu halus :.
  4. Sediakan 2 siung bawang putih.
  5. Ambil 1/2 sendok teh ketumbar.
  6. Ambil 1 ruas kunyit.
  7. Gunakan Secukupnya garam.
  8. Siapkan Bahan sambal matah :.
  9. Siapkan 1 genggam cabe rawit campur, oren dan ijo.
  10. Siapkan 1 genggam bawang merah.
  11. Gunakan 6 batang sereh.
  12. Siapkan 13 lembar daun jeruk.
  13. Ambil 1 buah tomat.
  14. Gunakan Secukupnya garam.
  15. Gunakan Secukupnya kaldu bubuk (sy, skip).
  16. Siapkan Secukupnya minyak goreng panas.
  17. Sediakan 1/2 buah jeruk nipis.

Lagi kurang enak badan, jadi masak yang cepet dan bumbunya simple aja. Kebetulan yang ada di kulkas cuma ikan mas, jadi dibuatlah "Ikan Mas Goreng" dengan temen cocolannya "Sambal Jahe Kacang" yang tadi resepnya sudah saya simpan duluan. Ikan goreng jenis apapun kesukaan anakĀ². Setelah itu, diamkan ikan sementara agar bumbu ini meresap kedalam ikan sehingga bau amis pada ikan bisa diredam dan diusahakan bisa dihilangkan.

Langkah-langkah membuat *ikan mas goreng sambal matah*:

  1. Siapkan bahan. Cuci bersih ikan, lumuri dengan air jeruk nipis, diam sebentar agar bau amisnya hilang. Haluskan bumbu ketumbar, bawang putih, kunyit dan garam. Cuci ikan dari air jeruk nipis lalu masukkan bumbu halus kewadah ikan, aduk rata sampai semua ikan terbalur oleh bumbu halus. Biarkan hingga bumbu menyerap dan ikan siap untuk digoreng..
  2. Cuci bersih semua bahan sambal matah kemudiam iris2 semua bahan, sereh ambil bagian yg putihnya saja lalu iris halus, daun jeruk buang tulang tengahnya, iris halus. Juga cabe, dan bawang merah. Panaskan minyak untuk menggoreng ikan, tapi sebelum ikan digoreng ambil secukupnya minyak goreng yg sudah panas lalu tuang diatas bahan sambal yg sudah diiris dan diberi garam secukupnya, aduk hingga tercampur rata, cek rasa, Sisihkan..
  3. Goreng ikan kedalam minyak yg sudah panas, biarkan hingga kecoklatan lalu balik ikan dan biarkan hingga matang, angkat. Taruh dalam piring saji, potong2 tomat taruh dalam wadah sambal, beri air jeruk nipis/sesuai selera, aduk rata..
  4. Penyajian taruh sambal diatas ikan, dan ikan mas goreng sambal matah siap untuk disajikan..

Sambal: campur cabai, bawang, serai, daun jeruk, garam dan gula pasir ke dalam wadah tahan panas lalu aduk rata, kemudian siram dengan minyak goreng panas. Sambal Matah sering disajikan dengan aneka sajian masakan khas Bali. Tak jarang, sambal matah ini disajikan dengan kuliner lainnya; misalnya ayam geprek, aneka olahan daging dan lainnya. Rasanya yang segar membuat sambal matah ini banyak disukai. Salah satu cara agar sajian Sambal Matah segar, pastikan untuk merendam cabe di es sebelum diolah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan *ikan mas goreng sambal matah* yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!