Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Anda bisa memasak Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten) menggunakan 28 bahan dan 6 langkah. Monggo silahkan dibaca segala detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten)

  1. Perlu Bahan gluten :.
  2. Ambil 1 kg terigu protein tinggi.
  3. Perlu 1 sdm garam halus.
  4. Perlu 600 ml air matang (kurang lebih).
  5. Ambil Bumbu lapis daging :.
  6. Perlu 500 gr gluten/daging imitasi.
  7. Ambil 1 btg sere,geprek.
  8. Siapkan 2 lbr daun jeruk.
  9. Perlu 1 lbr daun salam.
  10. Ambil 1 btr cengkeh.
  11. Ambil 1 cm kayu manis.
  12. Perlu 1 sdm air asam jawa.
  13. Perlu 1 sdt gula merah sisir.
  14. Siapkan 2 sdm kecap manis.
  15. Ambil 1 sdt garam.
  16. Ambil 2 sdm minyak goreng,untuk menumis.
  17. Perlu 150 ml air.
  18. Siapkan Bumbu halus :.
  19. Ambil 5 siung bawang merah.
  20. Siapkan 3 siung bawang putih.
  21. Ambil 1 sdt ketumbar,sangrai.
  22. Perlu 3 btr kemiri,goreng.
  23. Ambil 1/4 btr pala.
  24. Perlu 1/2 sdt merica butir.
  25. Siapkan 2 cm kunyit.
  26. Ambil 2 cm jahe.
  27. Ambil 1 cm lengkuas muda.
  28. Perlu 1 bh cabe merah,buang bijinya.

Instruksi Membuat Lapis Daging Vegetarian (berbahan dasar Gluten)

  1. Membuat gluten: campur terigu dan garam dalam wadah,tambahkan air sedikit2 sambil diuleni. Kalau terigu sudah bisa menyatu,tidak usah ditambah air lagi. Uleni sampai kalis dan tidak lengket di tangan. Kemudian tutup adonan dengan serbet basah,diamkan selama 6 jam supaya glutennya benar2 terbentuk..
  2. Langkah berikutnya ini yang harus telaten dan sabar…cuci adonan sampai bersih. Caranya bilas di bawah air mengalir sambil diperas,atau sambil diuleni pelan di dalam baskom sampai air cucinya bening. Tujuannya untuk menghilangkan pati tepungnya. Saya butuh air satu ember besar sampai bisa betul2 bersih dan dapat glutennya yang berwarna agak kekuningan dan kenyal seperti karet. Dari satu kg terigu,gluten yang didapat sekitar hampir 1/2 kg. Diamkan gluten sebentar (30 menit) dalam wadah kering..
  3. Potong2 gluten jadi beberapa. Sebaiknya ukurannya jangan terlalu besar,gak lebih dari sekepalan tangan supaya bumbunya lebih gampang meresap. Didihkan air,tambahkan kaldu bubuk sesuai rasa yang kita mau (kaldu sapi untuk rasa daging sapi,kaldu ayam untuk rasa daging ayam) bisa juga ditambah bumbu lain kalau suka,seperti bawang putih geprek,sere,jahe atau daun salam..
  4. Kecilkan api,rebus gluten sampai betul2 matang sekitar 1 jam. Jaga supaya api tetap kecil saja,tidak sampai mendidih. Saya lupa kecilin api,akhirnya karena terlalu mendidih glutennya jadi berpori. Setelah matang,gluten siap diolah..
  5. Lapis daging : tumis bumbu halus,daun salam,daun jeruk,sere,cengkeh dan kayu manis sampai harum. Masukkan gluten/daging imitasi yang sudah dipotong agak tipis melebar. Balik2 sebentar..
  6. Masukkan gula merah,air asam,kecap manis dan garam. Tambahkan air,balik2,biarkan sampai bumbu meresap dan air berkurang. Cek rasa,angkat,sajikan..