Pempek Dos (Tanpa Ikan). Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Bentuk pempek dos persis seperti pempek khas Palembang pada umumnya. Hanya saja bahan baku utama dalam resep pempek dos adalah tepung sagu. Sementara untuk menambahkan rasanya, dibumbui dengan kaldu bubuk serta isian abon pedas.

Lagi mencari ide resep pempek dos (tanpa ikan) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek dos (tanpa ikan) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek Dos ( Pempek tanpa ikan) Kalau sempat saya posting resep pempek ikan teri, kali ini saya mencoba resep pempek dos. disebut pempek dos karena tidak menggunakan bahan ikan dalam adonannya. Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek dos (tanpa ikan), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pempek dos (tanpa ikan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pempek dos (tanpa ikan) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Pempek Dos (Tanpa Ikan) menggunakan 14 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Dos (Tanpa Ikan):

  1. Siapkan Bahan biang:.
  2. Siapkan 1 1/3 cup atau 300 ml air.
  3. Sediakan 1 cup / 100 gr terigu.
  4. Siapkan 2 siung bawang putih haluskan.
  5. Ambil Secubit merica bubuk.
  6. Ambil 1 sachet kaldu bubuk.
  7. Siapkan Secubit garam.
  8. Gunakan ——————————————.
  9. Sediakan 2 cup / 200 gr tapioka/aci/sagu.
  10. Siapkan 1 butir telur.
  11. Siapkan ——————————————.
  12. Ambil Isian.
  13. Gunakan 1 butir telur kocok.
  14. Ambil Bisa juga pakai ebi/tumis pepaya muda/rebon/keju/abon/dll.

Nama pempek DOS memang terdengar unik. Nama ini ternyata diambil karena saat menggoreng, pempek ini akan mengeluarkan letupan berbunyi 'dos.dos.dos'. Jangan khawatir, resep pempek dos alias pempek tanpa ikan dari Ny. Liem walau tidak menggunakan cincangan ikan namun tampangnya sangat menjanjikan.

Langkah-langkah membuat Pempek Dos (Tanpa Ikan):

  1. Campur air, bawang putih halus, merica bubuk, kaldu bubuk & garam. Masak sampai mendidih. Kecilkan api lalu masukan terigu sambil diaduk. Matikan api. Aduk adonan sampai tidak bergerindil..
  2. Setelah hangat kuku, masukan telur dan aduk terus sampai rata dan creamy. Tekstur akan lebih halus lagi dari sebelumnya..
  3. Masukan tapioka lalu uleni sampai tercampur rata dan kalis..
  4. Bentuk pempek sesuai selera. Saya dibuat lenjer & isi telur. Cara buat isi telur, ambil adonan, bentuk bulat, bolongi bagian tengah adonan dengan telunjuk lalu dibuat lubang dengan cara menekan adonan dengan jempol dan telunjuk dengan gerakan memutar..
  5. .
  6. Didihkan air beri 2 sendok makan minyak goreng. Masukkan pempek yang sudah dibentuk, setelah pempek mengapung biarkan tetap direbus kira-kira 3 menitan agar matang sampai dalam. Lalu angkat dan wajib ditiriskan..
  7. Goreng dengan api sedang sampai keemasan, angkat dan sajikan. Saya masukkan telurnya kurang banyak..
  8. .
  9. .

Jadi berakhirlah saya, di hari Minggu kemarin, berkutat di dapur membuat pempek tanpa ikan yang ternyata rasanya tetap gurih dan lezat. Resep Pempek Dos (Tanpa Ikan) Enak dan Sederhana Koki Cantik Temukan Resep Pempek Dos (Tanpa Ikan) enak, sederhana & praktis disini. Bahan menu olahannya murah, mudah didapat dan cara membuat Pempek Dos (Tanpa Ikan) ini cocok untuk pemula Lauk Utama resep pempek dos (tanpa ikan) Indonesia Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek. Makanan khas Palembang yang merupakan salah satu makanan favorit keluarga saya. Kalau pada umumnya pempek atau empek – empek menggunakan ikan tenggiri, tapi disini saya akan membuat pempek versi ekonomis yaitu pempek atau empek-empek tanpa ikan atau dikenal dengan pempek Dos.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pempek dos (tanpa ikan) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!