Asem – asem ikan kembung JSR. Bahan-bahan: *Ikan kembung *Bawang bombai *Bawang putih *Cebe rawit *Cabe merah *Tomat *Daun salam *Lengkuas *Jahe *Daun bawang *Air asam *Garam, gula, lada, kecap manis, penyedap ras. Lama banget nggak masak sayur klen. Sajikan masakan ikan layur asem-asem ini bersama dengan nasi putih hangat ditambah dengan beberapa makanan lainnya berupa tumisan kangkung ataupun masakan lainnya yang sesuai dengan selera makan anda, kemudian ditambah dengan kerupuk membuat makan keluarga anda bertambah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Seperti variasi masakan ikan yang lain, pemilihan bahan. Resep Garang Asem dengan Ikan Gurame. Potong ikan kembung sesuai dengan kebutuhan dan keperluan, cuci sampai bersih.
Anda bisa memasak Asem – asem ikan kembung JSR menggunakan 19 bahan dan 5 langkah. Silahkan dibaca segala detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Asem – asem ikan kembung JSR

  1. Siapkan 1/2 kg ikan kembung.
  2. Perlu bumbu.
  3. Siapkan 10 buah cabe rawit merah.
  4. Ambil 4 bawang merah.
  5. Perlu 2 bawang putih.
  6. Perlu 3 buah asam kandis.
  7. Siapkan 1/2 jeruk nipis / lemon kampung (optional) karena sy suka asam.
  8. Siapkan 1 sendok teh ketumbar.
  9. Siapkan 1 ruas kunyit.
  10. Perlu 2 cm jahe.
  11. Ambil 2 bulat kemiri.
  12. Siapkan 2 cm lengkuas.
  13. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  14. Ambil 2 lembar daun bawang.
  15. Perlu 2 buah tomat ukuran kecil.
  16. Siapkan sedikit gula aren.
  17. Siapkan secukupnya garam himalaya.
  18. Siapkan sedikit kaldu jamur non msg (optional).
  19. Siapkan minyak kelapa secukupnya (untuk menumis bumbu ala jsr).

Mixer cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Rasa asem, pedas, dan gurih bercampur jadi satu membuat masakan ini terasa lezat. Resep sayur asem wajib dimiliki bunda, bahkan saat ada hajatan maka sayur asem menjadi menu para juru masak. Berikut bumbu dan resep cara membuat Sayur asem menjadi kebutuhan masakan saat udara sangat panas.

Instruksi Membuat Asem – asem ikan kembung JSR

  1. Cuci dan bersihkan ikan, potong menjadi 2 bagian..
  2. Haluskan cabe, bawang, jahe, kunyit, ketumbar, kemiri. geprek lengkuas..
  3. Nyalakan api, tumis bumbu yang telah dihaluskan + daun jeruk + lengkuas geprek dengan minyak kelapa (karena jsr tidak menggunakan minyak sawit) sampai harum. beri air secukupnya. masukan ikan. masukan asam kandis + perasan jeruk nipis/lemon + gula aren sedikit + garam himalaya + kaldu jamur. diamkan hingga ikan matang..
  4. Setelah sedikit lg ikan matang, masukan potongan tomat dan daun bawang, tes rasa dan sesuaikan rasa..
  5. Siap dihidangkan..

Tapi saat udara dingin dan malam hari makan dengan sayur asem kurang pas. Garang asem merupakan salah satu masakan khas Jawa Tengah yang istimewa. Ciri khas sayur asem yakni perpaduan rasa asem yang menonjol, ada manisnya, asin bahkan ada rasa pedas, variasi sayuran di dalamnya sangat beragam. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya. Resep sayur asem – Sayur asem banyak dipilih oleh sebagian menu andalan untuk dikonsumsi.