Pempek Tanpa Ikan, Mudah & Praktis. Resep Pempek Tanpa Ikan yang Mudah Dibuat dan Simple. Pempek memang sangat enak dan khas dengan rasa ikannya. Namun bisa juga tidak menggunakan ikan, di sini akan dibahas resep pempek tanpa ikan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Olahan ini terbuat dari campuran tepung dan ikan tenggiri atau tongkol yang diberi kuah cuko. Meski ikan menjadi bahan utamanya, saat ini telah banyak kreasi resep pempek tanpa ikan yang tetap terasa lezat. Tak kalah dengan rasa […] Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan.

Sedang mencari ide resep pempek tanpa ikan, mudah & praktis yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek tanpa ikan, mudah & praktis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek tanpa ikan, mudah & praktis, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pempek tanpa ikan, mudah & praktis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Resep Pempek Tanpa Ikan yang Mudah Dibuat dan Simple. Pempek memang sangat enak dan khas dengan rasa ikannya. Namun bisa juga tidak menggunakan ikan, di sini akan dibahas resep pempek tanpa ikan.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pempek tanpa ikan, mudah & praktis yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pempek Tanpa Ikan, Mudah & Praktis memakai 20 jenis bahan dan 15 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Tanpa Ikan, Mudah & Praktis:

  1. Ambil A. Bahan Biang.
  2. Ambil 200 ml Air.
  3. Sediakan 100 gr Terigu.
  4. Ambil 2 sdt peres Garam.
  5. Gunakan 1 sdt Masako Sapi.
  6. Sediakan 1/2 bks Masako Ayam.
  7. Ambil 1 siung Bawang putih.
  8. Sediakan B. Bahan Adonan Pempek.
  9. Sediakan 2 butir Telur Ayam.
  10. Siapkan 250 gr Tapioka / Sagu.
  11. Gunakan C. Bahan Kuah Pempek.
  12. Siapkan 1 sdm Garam.
  13. Siapkan 3 bks Asam Jawa.
  14. Sediakan Setangkup Gula Merah.
  15. Ambil Secukupnya Cabe Merah Keriting, Rawit.
  16. Gunakan 2 siung Bawang Putih (boleh lebih, makin mantap).
  17. Gunakan 750 ml Air.
  18. Ambil 1 sdm Gula Pasir.
  19. Siapkan Vetsin (bisa ditiadakan).
  20. Sediakan 1 sdm Ebi / Udang Rebon.

Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Umumnya, pempek dihidangkan dengan kuah cuko dan mentimun sebagai pelengkap. Namun, rupanya pempek ini bisa juga dibuat tanpa harus menggunakan bahan berupa daging ikan, lho. Di Palembang sendiri biasanya pempek dibuat menggunakan daging ikan belida atau tenggiri.

Cara menyiapkan Pempek Tanpa Ikan, Mudah & Praktis:

  1. Persiapkan semua bahan. Kita buat Bahan Biang dahulu. Ulek garam dan Bawang Putih kemudian taruh di teflon..
  2. Tuangkan Terigu ke dalam teflon. Kemudian masukkan air. Aduk hingga tercampur rata baru kemudian nyalakan api, kecil saja. Buat saya lebih mudah membuat Bahan Biang dengan teflon. Selain nggak lengket juga meminimalisir resiko gosong..
  3. Sambil terus diaduk, masukkan Masako. Masak terus hingga air menyusut, terigu mengental. Hasil yang ingin diperoleh adalah teksturnya seperti selai kacang. Matikan api. Biarkan suhunya turun..
  4. Dalam suatu wadah, pecahkan telur. Masukkan Bahan Biang yang sudah hangat. Aduk-aduk menggunakan sendok makan..
  5. Masukkan Tapioka, bertahap. Uleni dengan tangan..
  6. .
  7. Uleni terus hingga diperoleh hasil kalis. Kalis untuk pempek disini adalah adonan masih basah, agak lengket. Jadi bukan kering sama sekali, nanti pempek bisa keras hasilnya. Coba test dengan cara ambil 1sdm, bentuk bulat dahulu dengan kedua tangan lalu pipihkan menyerupai sosis. Jika bisa terbentuk, permukaannya halus dan tidak terlalu banyak adonan yang menempel di tangan berarti tekstur yang diinginkan sudah tercapai. Bila masih terlalu basah, lengket di tangan, bisa tambahkan sedikit Tapioka.
  8. Didihkan air, tambahkan sedikit minyak di dalamnya. Begitu mendidih, masukkan satu persatu pempek yang telah kita bentuk menyerupai sosis. Diameternya jangan terlalu kecil ya..
  9. Boleh ditutup, beri celah sedikit supaya air tidak meluap. Rebus kurang lebih 20menit (tergantung ukuran) hingga pempek mengapung. Biarkan mengapung dulu hingga ukurannya mengembang. Baru angkat dan tiriskan..
  10. Begini nih penampakan pempek yang telah direbus. Sedikit minyak goreng dalam rebusan air tadi membuat pempek mudah diangkat tanpa lengket satu sama lain. Harap maklum ya ukuran pempek ini nggak sama, maklum si kecil ikut2an "membentuk sosis"..
  11. Goreng pempek setelah dalam kondisi dingin ya. Api jangan terlalu besar..
  12. Mari kita buat kuahnya! Tambahkan cabai atau kurangi sesuai selera. Untuk bawang putih, jumlahnya boleh banyak ya, sesuai selera. Saya cuma sedikit karena suami kurang suka, makanya saya tambahkan rebon sebagai gantinya. Remas2 asam jawa ke dalam 250ml air (ambil dari takaran). Ulek bumbu kuah..
  13. Jerang sisa airnya. Menjelang mendidih, masukkan bumbu yang telah diulek. Kalau saya gula jawa asal digepuk saja..
  14. Tambahkan air asam jawa. Aduk-aduk terus..
  15. Tambahkan Gula Pasir. Koreksi rasa. Bila perlu bubuhkan Vetsin. Jika dirasa sudah pas, matikan api. Saring kuah pempek. Siap disajikan. Tambahkan Mentimun sebagai pelengkap.

Jenisnya pun beragam ada kapal selam, lenjer, kulit dan masih banyak lagi lainnya. Sekian Resepmasak.my.id kali ini tentang Resep Pempek Sederhana Tanpa Ikan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Selamat mencoba dan jangan lupa menyimak resep kuliner lain yang tak kalah lezatnya seperti Resep Masak Tutut Kuah Enak. Pempek sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat dan menggugah selera. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuko yang bercerita rasa asam, manis dan pedas.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Pempek Tanpa Ikan, Mudah & Praktis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!