Sego tempong/tempong nasi merah, menu makan siang. Nasi tempong atau akrab dengan sebutan Sego tempong adalah makanan khas Banyuwangi berupa kumpulan sayuran yang sudah direbus seperti bayam, kenikir dan daun kemangi dan lauk tahu, tempe, bakwan jagung goreng, dan ikan jambal goreng tepung. Resep Nasi Kuning Tempong ini pasti bikin makan siang jadi lebih istimewa. Menu ini disajikan dengan lauk yang lengkap seperti ayam, tempe dan Tak cuma lengkap, rasa dari Resep Nasi Kuning Tempong juga sangat lezat dan bikin ketagihan.

Yaitu menggunakan bahan yang serba mentah. Warung Sego Tempong Mbok Wah bisa kamu kunjungi jika bingung mencari menu sarapan. Sego tempong adalah salah satu makanan khas Jawa yang bisa dikatakan sebagai pilihan makanan tradisional yang menarik.
Anda bisa mendapatkan Sego tempong/tempong nasi merah, menu makan siang menggunakan 20 bahan dan 5 langkah. Monggo silahkan diperhatikan segala detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Sego tempong/tempong nasi merah, menu makan siang

  1. Ambil sambel tempong:.
  2. Siapkan 15 cabe rawit merah.
  3. Perlu 3 cabe merah keriting.
  4. Ambil 1 buah cabe besar.
  5. Ambil 3 buah tomat ranti/tomat cherry.
  6. Ambil 1/2 sdt terasi bakar.
  7. Siapkan 1 sdm gula merah sisir.
  8. Perlu 1/2 sdt kaldu jamur.
  9. Perlu secukupnya garam.
  10. Siapkan 1 buah jeruk limau.
  11. Perlu pendamping tempong:.
  12. Siapkan nasi (q nasi merah).
  13. Perlu tahu.
  14. Perlu tempe.
  15. Siapkan ikan asin.
  16. Perlu timun.
  17. Ambil kacang panjang, rebus.
  18. Perlu kubis/kol, rebus.
  19. Perlu sawi hijau, rebus.
  20. Ambil sesuai selera dll.

Disajikan dengan nasi putih hangat dan taburan bawang merah goreng, menikmati kare ranjungan sebagai menu makan siang atau makan malam tentu akan sangat menarik! Hidangan menu nasi tempong adalah terdiri dari sepiring nasi panas, sayuran rebus plus gorengan tahu, tempe, ikan asin dan dadar jagung, yang dilengkapi sambal Warung Nasi Tempong Sukowidi milik mbak Sumiyati yang akrab dipanggil mbak Sum, lokasinya tidak jauh dari lampu merah Sukowidi. Dinamakan Sego tempong karena rasa sambelnya yang pedas banget seakan di tempong tempong ( tampar). Resep Sego tempong khas banyuwangi ini cukup sederhana dan tentunya sangat mudah membuatnya.

Instruksi Membuat Sego tempong/tempong nasi merah, menu makan siang

  1. Masak nasi merah seperti masak nasi biasa, kalo q sebelum dimasak direndam dulu sekitar 3 jam an, baru diaron dan kukus sampai matang, pake magicom juga bisa,, tapi kalo masak nasi merah suka manual aja😊, kalo sudah matang sisihkan..
  2. Goreng tahu tempe, dan ikan asin, seperti biasa. Untuk ikan asin q goreng pake tepung, goreng sampai kering matang lalu sisihkan..
  3. Sambel: uleg halus cabe rawit, cabe keriting dan tomat dg dibumbui garam, gula merah dan kaldu jamur+terasi bakarnya juga, kemudian, beri perasan jeruk limau buang bijinya yaa biar gak nyampur ntar pait😱😱, aduk rata lalu tes rasa😋.
  4. Sajikan dg pendampingnya,,,, hmmm nampar banget ni pedesnyaaa😲😲😥.
  5. Mantapp👍😋.

Bahan Bahannya seperti yang kita pakai selama ini untuk sambal maupun untuk lauk. Dulunya Sego Tempong hanyalah terdiri dari nasi, sambal tempong, tahu, tempe, dan kulupan sayur. Akan tetapi, dari waktu ke waktu improvisasi terhadap isi dari Sego Tempong sendiri mulai terlihat. Banyak sekali warung-warung makan maupun restoran di Banyuwangi yang menyediakan. Yuk, kita berbelanja berbagai bahannya dan mulai Misalnya saja nasi uduk atau nasi kuning.