Sambal Ganja Khas Aceh. Penasaran banget sama rasanya Sambal Ganja. Sekali coba langsung deh sekarang tau kenapa disebut sambal ganja. Soalnya nyandu banget dan habis-habisin nasi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sepiring nasi penuh habis Benoe makan. Sambal ganja hanyalah nama kerennya saja, karena nama asli sambal ini adalah asam udeung. Asam udeung adalah sambal mentah khas Aceh yang memakai udang sebagai bahan utamanya.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep sambal ganja khas aceh yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal ganja khas aceh yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal ganja khas aceh, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambal ganja khas aceh yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Penasaran banget sama rasanya Sambal Ganja. Sekali coba langsung deh sekarang tau kenapa disebut sambal ganja. Soalnya nyandu banget dan habis-habisin nasi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambal ganja khas aceh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Ganja Khas Aceh memakai 7 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sambal Ganja Khas Aceh:

  1. Gunakan 1 genggam udang goreng.
  2. Sediakan 8 butir cabe rawit (sesuai selera).
  3. Ambil 3 butir bawang merah.
  4. Gunakan 4 buah belimbing wuluh.
  5. Sediakan 1 batang serai, ambil bagian yang muda.
  6. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  7. Sediakan secukupnya garam dan gula pasir.

Sebetulnya, kita tak perlu menyebutnya "sambal asam udeung" karena "asam" bagi orang Aceh. Untuk membuat sambal mentah khas Aceh ini, selain udang segar bisa juga menggunakan Ebi. Menu sambal ganja ini sukses jadi pengobat rindu kampung Benoe juga menikmati ayam tangkap, ayam goreng khas Aceh yang disajikan bersama dedaunan aromatik. Roti Jala jadi salah satu hidangan.

Langkah-langkah membuat Sambal Ganja Khas Aceh:

  1. Siapkan bahan-bahan. Iris tipis bawang merah, belimbing wuluh, serai dan daun jeruk, untuk daun jeruk buang tulang daunnya terlebih dahulu..
  2. Ulek semua bahan kecuali udang, ulek agak kasar saja. Masukkan udang dan ulek lagi hingga udang hancur dan tercampur rata..
  3. Koreksi rasa dan bila sudah pas rasanya sambal ganja siap dihidangkan.

Sambal khas Aceh ini diberi nama ganja, karena dipercaya akan membuat siapa pun yang mencobanya ketagihan saking enaknya. Sambal ganja menggunakan udang sebagai salah satu bahan utama. Sambal ini punya cita rasa bermacam-macam yang menyatu dalam satu cobek. Asam udeung adalah sambal mentah khas Aceh yang memakai udang sebagai bahan utamanya. Sebenarnya, istilah asam sendiri bagi orang Aceh berarti Biasanya sambal ini paling nikmat disantap dengan seporsi nasi putih hangat.

Demikian resep terbaik membuat Sambal Ganja Khas Aceh, monggo disajikan dirumah anda dengan melihat semua bahan baku dan cara masak detail diatas. Silahkan dibookmark halaman ini sehingga anda dapat dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Tidak peduli seberapa baik atau buruk dirimu. Bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih diberi kesempatan untuk memperbaikinya.”