Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay. Sate Kere Barokah. kalau ga salah daerahnya namanya Nayu, deket Dlilir, deket Universitas Slamet Riyadi atau Unisri. Yang tau silakan comment 😊 makasih 😊. Sate kere merupakan makanan tradisional khas solo yang menggunakan tempe gembus sebagai bahan utamannya kemudian dipadukan dengan bumbu kacang yang dilengkap dengan potongan bawang merah mentah dan potongan cabai rawit hijau pas banget disajikan dengan lontong.

Sate kere–sesuai namanya yang berarti miskin dalam bahasa Jawa–bukan terbuat dari daging, melainkan dari tempe. Sate kere dari Solo ini berbahan dasar temp. Sate kere merupakan salah satu makanan khas Solo, hasil kreativitas masyarakat biasa pada zaman dahulu.
Anda bisa memasak Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay menggunakan 13 bahan dan 8 langkah. Silahkan dibaca segala informasi dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay

  1. Siapkan Bahan utama :.
  2. Perlu 1 papan tempe / 6 buah tempe daun (saya menggunakan tempe daun).
  3. Siapkan Bumbu halus :.
  4. Perlu 8 siung bawang merah.
  5. Perlu 3 siug bawang putih.
  6. Perlu 2 sdm ketumbar.
  7. Ambil 1 sdm merica/lada bubuk.
  8. Siapkan 1 ons gula jawa.
  9. Perlu 2 sdm gula pasir.
  10. Siapkan Secukupnya garam.
  11. Ambil 2 sdm kecap manis.
  12. Siapkan Secukupnya kaldu ayam.
  13. Siapkan 2 sdm maizena (larutkan dengan 100ml air).

Kini, sate kere menjadi kuliner yang Nama sate kere tergolong unik untuk sebuah makanan. Dulunya, sate adalah makanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh masyarakat golongan atas. Sate kere khas Yogya biasanya menggunakan lemak dan otot sebagai bahan utama. Sementara sate kere khas Solo dibuat dari tempe gembus dan jeroan seperti ginjal dan babat.

Instruksi Membuat Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay

  1. Pertama, potong dadu tempe. Lalu goreng hingga sedikit kecoklatan. Sisihkan..
  2. Haluskan semua bahan untuk bumbu bakar kecuali kecap dan maizena..
  3. Siapkan wajan atau panci. Rebus bumbu bakar yang sudah dihaluskan dengan 100ml air. Jika sudah mendidih, masukkan larutan maizena dan kecap manis. Aduk hingga rata. Biarkan hingga mendidih lagi..
  4. Jika sudah mendidih lagi, tes rasa. Jika sudah pas, boleh langsung matikan api. Lalu langsung digunakan untuk mengoles tempe..
  5. Tusuk tempe menggunakan tusukan sate. Bisa diselang-seling dengan tomat, ketimun, atau bawang merah. Lali, masukkan tusukan sate tersebut ke dalam bumbu bakar yang telah dimasak tadi..
  6. Siapkan bara. Lalu, bakar sate. Panggang hingga matang..
  7. Jika sudah matang, angkat. Sajikan bersama lalapan timun, bawang merah, cabai dan potongan kubis..
  8. Siap disantappp🤗🤗🤗.

Keduanya disajikan bersama bumbu kacang yang sarat rempah. Sate kere merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari jeroan sapi dan bahkan ada yang menggunakan tempe gembus sebagai bahan utamanya. Menu sate berbahan jeroan dan gembus muncul dikarenakan harga sate daging yang cukup mahal. Tengkleng kambing khas Solo ini, memang cocok bagi anda yang menyukai masakan olahan berbahan dasar kambing, namun tidak terlalu menyukai yang memiliki kuah kental. Gini Sate Kere sudah menjadi masakan khas Solo yang banyak di cari pemburu kuliner khas.