Balado Sambel Ijo Ikan dengan Tempoyak.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep balado sambel ijo ikan dengan tempoyak yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal balado sambel ijo ikan dengan tempoyak yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari balado sambel ijo ikan dengan tempoyak, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan balado sambel ijo ikan dengan tempoyak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah balado sambel ijo ikan dengan tempoyak yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Balado Sambel Ijo Ikan dengan Tempoyak memakai 11 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Balado Sambel Ijo Ikan dengan Tempoyak:

  1. Ambil 1/2 kg ikan dencis/ikan tongkol/ ikan kembung/ ikan laut/tawar.
  2. Gunakan 4 sendok tempoyak.
  3. Ambil 1/2 siung bawang bombai.
  4. Sediakan 5 siung bawang merah.
  5. Gunakan 4 siung bawang putih.
  6. Gunakan Secukupnya cabe rawit.
  7. Ambil secukupnya Gula aren.
  8. Siapkan 1 sdm Gula putih.
  9. Sediakan secukupnya Garam.
  10. Siapkan secukupnya Masako.
  11. Ambil 100 ml air.

Langkah-langkah menyiapkan Balado Sambel Ijo Ikan dengan Tempoyak:

  1. Cuci ikan bersih, kemudian lumuri dg menggunakan bumbu uleg (jahe, garam, dan bawang putih) atau dapat pula bumbu racik. Kemudian goreng ikan sampai setengah matang dan kering..
  2. Iris semua bahan (bawang merah, putih, bombai), serta cabai. Tumis bawang terlebih dahulu dg menggunakan minyak panas, sampai tercium aromanya, baru kemudian masukkan cabai rawit iris..
  3. Masukkan tempoyak, aduk merata dg bumbu, tambahkan sedikit air dan masukkan pula gula aren, garam, masako dan apabila dirasa krg manis tambahkan gula putih..
  4. Setelah sambal tempoyak sudah dicicipi dan dirasa sudah enak, barulah kemudian dimasukkan ikan yg telah digoreng kering..
  5. Balado sambal ijo ikan dengan tempoyak siap untuj disajikan, untuk menambah kenikmatan rasa boleh juga ditambahkan daun kemangi. Selamat mencoba!.

Demikianlah resep terbaik membikin Balado Sambel Ijo Ikan dengan Tempoyak, mari dilakukan ditempat anda dengan melihat semua bumbu bumbu dan langkah detail tersebut diatas. Jangan lupa dibookmark halaman ini jadi anda mampu dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, agar selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Menetapkan tujuan adalah salah satu cara untuk membuatmu melompat dari tempat tidur di pagi hari. Selamat pagi.”