Selat Solo dengan Steak Wortel. Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western. Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Steak ini dikenal dengan nama selat solo. Sesuai dengan namanya, kuliner khas Solo ini merupakan olahan daging sapi dengan siraman kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, dan kecap. Mirip dengan steak negara Barat, selat solo juga disajikan dengan beberapa sayuran seperti buncis, kentang, selada, hingga wortel.

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep selat solo dengan steak wortel yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal selat solo dengan steak wortel yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western. Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari selat solo dengan steak wortel, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan selat solo dengan steak wortel yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah selat solo dengan steak wortel yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Selat Solo dengan Steak Wortel memakai 27 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Selat Solo dengan Steak Wortel:

  1. Siapkan Bahan steak wortel.
  2. Sediakan 1/4 buah wortel, cincang halus.
  3. Siapkan 1 siung bawang putih, haluskan.
  4. Gunakan 1/2 telur ayam rebus.
  5. Ambil 2 sdm tepung terigu.
  6. Siapkan Secukupnya garam, merica, ketumbar bubuk.
  7. Gunakan Secukupnya kecap manis dan asin, untuk mengoles steak.
  8. Gunakan Bahan Selat.
  9. Siapkan 7 buah buncis, potong.
  10. Gunakan 1/2 buah wortel, potong korek.
  11. Siapkan 1/2 buah kentang sedang, potong memanjang.
  12. Gunakan segenggam bayam.
  13. Ambil 1/2 buah telur rebus.
  14. Ambil 1 buah pangsit ayam (opsional).
  15. Sediakan 1 buah bakso (opsional).
  16. Siapkan Bahan Kuah Selat.
  17. Siapkan 1 siung bawang putih.
  18. Sediakan 1/4 buah bawang bombay.
  19. Siapkan 1/2 sdm cuka.
  20. Siapkan 1/2 sdm gula merah.
  21. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  22. Siapkan 1/4 buah tomat, dihaluskan.
  23. Sediakan 1/2 sdt tepung maizena, dicampur air.
  24. Sediakan secukupnya garam, merica.
  25. Gunakan Bahan Saus Kuning (opsional).
  26. Gunakan Kuning telur rebus.
  27. Sediakan Kuah Selat.

Tidak kalah enak dan rasanya lebih bersahabat dengan lidah orang Nusantara. Apalagi kalau bukan Selat Solo, kuliner yang berisi olahan sapi dengan siraman kuah encer dari bawang putih, cuka hingga kecap. Tampilannya jadi lebih menggiurkan karena ada tambahan sayur seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, kol atau brokoli hingga wortel. Setelah mustard tercampur dengan kuah, barulah rasa manis, asam, dan gurihnya Selat Solo muncul.

Langkah-langkah membuat Selat Solo dengan Steak Wortel:

  1. Pembuatan Steak Wortel: Bersihkan wortel dan cincang halus wortel, lalu Tambahkan telur, tepung, merica, garam, sedikit ketumbar, dan air, aduk hingga rata jangan terlalu encer agar bisa mendapatkan tekstur seperti steak.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan anti lengket, kemudian masukkan adonan steak wortel dan bentuk agar terlihat seperti bentuk steak.
  3. Setelah matang, lalu oleskan kecap asin dan kecap manis pada steak wortel dan panaskan sebentar sampai tercium aroma, setelah itu angkat dan pisahkan.
  4. Pembuatan kuah selat: Tumis bawang putih cincang dan bombay dengan sedikit minyak sampai harum. Lalu tambahkan air, gula merah, gula pasir, garam, lada/merica masak hingga mendidih.
  5. Tambahkan tomat tumbuk dan sedikit cuka. masak sebentar dan angkat.
  6. Pembuatan selat : kukus wortel, kentang, buncis, telur, pangsit, bakso.
  7. Setelah matang, angkat dari kompor dan masukkan daun bayam ke dalam panci kukusan, diamkan sebentar.
  8. Atur posisi steak, sayuran kukus, bakso dan pangsit seperti gambar/sesuai selera.
  9. Siram dengan kuah selat, selat solo siap disajikan 😍.

Bahan lain dari Selat Solo hampir menyerupai salad. Jika salad berbahan utamanya sayur-mayur atau buah-buahan yang diberi saus dengan berbagai variasi rasa, dalam Selat Solo terdapat buncis, wortel rebus, irisan acar timun, kentang rebus. >> Hidangan khas Kota Solo, adaptasi dari beef steak ala Eropa menjadi rasa Jawa yang lebih manis dan berkuah. Di masa kolonial Selat Solo dihidangkan untuk kaum ningrat. >> Mayones yang dicampur dengan mustard dapat menjadi pilihan praktis pengganti mayones Jawa. Tambahkan lada, garam, dan gula sesuai selera. Layaknya steak, Selat Solo ditaburi pula lada hitam bubuk dengan butiran sedikit kasar sehingga ada sedikit sensasi pedas.

Inilah resep terbaik membuat Selat Solo dengan Steak Wortel, monggo disajikan ditempat anda dengan melihat semua bahan bahan dan petunjuk detail tersebut. Jangan lupa dibookmark halaman ini jadi anda mampu dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terkini dari kami. Selamat masak. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pancaran fajar di pagi hari adalah pancaran semangat. Semangat baru”