Selat Solo. Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo. Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda. Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep selat solo yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal selat solo yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari selat solo, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan selat solo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan selat solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Selat Solo menggunakan 34 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Selat Solo:

  1. Gunakan 500 gr daging sapi has dalam atau sengkel, potong tebal 1 cm kemudian tusuk dengan garpu.
  2. Sediakan 5 siung bawang merah, iris tipis.
  3. Gunakan 1 buah tomat, potong kotak.
  4. Gunakan 1 butir biji pala, belah dua.
  5. Ambil 4 sdm kecap manis (Bisa ditambah bila kurang cokelat atau manis).
  6. Siapkan 3 sdm saus tomat.
  7. Sediakan 1 sdm gula pasir.
  8. Siapkan secukupnya Garam dan bubuk merica putih.
  9. Siapkan 1 L kaldu sapi (bisa diganti dengan air).
  10. Gunakan 1 sdm mentega atau bisa diganti dengan minyak goreng secukupnya.
  11. Ambil Bumbu Perendam:.
  12. Sediakan 3 sdm saus inggris.
  13. Ambil 5 sdm kecap manis.
  14. Siapkan Saus:.
  15. Siapkan 3 butir telur, rebus, ambil kuning telurnya, dan haluskan. Sisihkan putih telur sebagai wadah sausnya.
  16. Ambil 2 sdt cuka.
  17. Sediakan 2 sdm gula pasir.
  18. Gunakan 1 sdm saus mustard.
  19. Gunakan secukupnya Garam dan bubuk merica putih.
  20. Gunakan 120 mL air panas.
  21. Ambil 1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air dingin.
  22. Ambil Acar:.
  23. Gunakan 1 buah ketimun, belah dua memanjang, buang isinya, dan iris tipis.
  24. Sediakan 4 siung bawang merah, iris tipis.
  25. Sediakan 1/2 sdt garam.
  26. Gunakan 1 sdm cuka.
  27. Gunakan 2 sdm gula pasir.
  28. Sediakan Pelengkap:.
  29. Gunakan 100 gr buncis, potong 4 cm dan rebus.
  30. Gunakan 1 buah wortel, potong seperti buncis dan rebus.
  31. Siapkan 2 buah kentang, potong wedges, goreng hingga cokelat keemasan.
  32. Sediakan 2 butir telur, rebus dan potong menjadi empat bagian.
  33. Siapkan 1/2 ikat selada keriting, cuci dan tiriskan.
  34. Siapkan 1 buah tomat merah segar, iris bulat.

A portion of selat solo contains a variety of vegetables. There are beans, carrots, potatoes, tomatoes, cucumbers, and lettuce leaves. Selat, a localization of 'salad', is considered healthy due to the veggies, though it also contains animal products such as beef and boiled eggs. Selat Solo is a delicious steak with Javanese and Dutch flair.

Cara membuat Selat Solo:

  1. – Lumuri daging dengan bumbu perendam dan simpan dalam lemari es selama semalaman atau minimal dua jam. – Acar: Campur ketimun dan bawang merah dengan garam hingga airnya keluar. Aduk semua bahan lainnya dan simpan dalam lemari es. – Campur semua bahan saus. Saring dan panaskan di atas api kecil. Kentalkan dengan air maizena dan sisihkan. – Panaskan margarin atau minyak goreng dalam panci dan tumis bawang merah..
  2. – Tambahkan tomat, daging yang telah direndam, biji pala, kecap manis, saus tomat, gula pasir, dan kaldu. – Didihkan, kemudian kecilkan apinya dan masak hingga daging empuk. – Bumbuhi dengan garam dan merica. – Sajikan panas dengan bahan pelengkap lainnya, acar dan saus. Untuk 4-6 Porsi.

It is a popular dish in Solo , with a long history there, originating from the Dutch colonial era. You should really try this Javanese beef steak if you visit Solo. Selat Solo ini sudah pernah saya posting resepnya dulu kala, namun kini saya recook ulang karena ini adalah salah satu masakan yang favorit. Rasanya yang nano-nano, manis, asam, asin, gurih, berpadu dengan indahnya dalam sebuah piring. Selat Solo walau menjadi masakan tradisional daerah Solo namun sebenarnya merupakan kuliner yang mendapatkan.

Inilah resep terbaik memasak Selat Solo, monggo dilakukan didapur anda dengan mengikuti semua bahan bahan dan step step detail diatas. Jangan lupa dibookmark website ini sehingga anda bisa dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau bermaksud mendapatkan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terpopuler dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Tuliskan dalam hatimu bahwa setiap hari adalah hari terbaik dalam setahun.” -Ralph Waldo Emerson-