Sambal ganja khas aceh. Penasaran banget sama rasanya Sambal Ganja. Sekali coba langsung deh sekarang tau kenapa disebut sambal ganja. Soalnya nyandu banget dan habis-habisin nasi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sepiring nasi penuh habis Benoe makan. Sambal ganja hanyalah nama kerennya saja, karena nama asli sambal ini adalah asam udeung. Asam udeung adalah sambal mentah khas Aceh yang memakai udang sebagai bahan utamanya.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep sambal ganja khas aceh yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal ganja khas aceh yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Penasaran banget sama rasanya Sambal Ganja. Sekali coba langsung deh sekarang tau kenapa disebut sambal ganja. Soalnya nyandu banget dan habis-habisin nasi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal ganja khas aceh, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal ganja khas aceh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambal ganja khas aceh yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal ganja khas aceh memakai 7 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sambal ganja khas aceh:

  1. Siapkan 2-3 sdm udang goreng sedang/kecil.
  2. Siapkan 3-4 siung bawang merah.
  3. Ambil 2 batang serai. ambil putihnya.
  4. Gunakan 3-4 lembar daun jeruk.
  5. Ambil 10-15 buah cabe rawit.
  6. Gunakan 4-5 buah blimbing wuluh.
  7. Siapkan secukupnya garam. gula. penyedap.

Sebetulnya, kita tak perlu menyebutnya "sambal asam udeung" karena "asam" bagi orang Aceh. Untuk membuat sambal mentah khas Aceh ini, selain udang segar bisa juga menggunakan Ebi. Menu sambal ganja ini sukses jadi pengobat rindu kampung Benoe juga menikmati ayam tangkap, ayam goreng khas Aceh yang disajikan bersama dedaunan aromatik. Roti Jala jadi salah satu hidangan.

Langkah-langkah membuat Sambal ganja khas aceh:

  1. Goreng udang.
  2. Iris2 semua bahan.
  3. Haluskan semua bahan yg sdah di iris..terakhir masukkan blimbing wuluh haluskan lagi.
  4. Siap di sajikan.

Sambal khas Aceh ini diberi nama ganja, karena dipercaya akan membuat siapa pun yang mencobanya ketagihan saking enaknya. Sambal ganja menggunakan udang sebagai salah satu bahan utama. Sambal ini punya cita rasa bermacam-macam yang menyatu dalam satu cobek. Asam udeung adalah sambal mentah khas Aceh yang memakai udang sebagai bahan utamanya. Sebenarnya, istilah asam sendiri bagi orang Aceh berarti Biasanya sambal ini paling nikmat disantap dengan seporsi nasi putih hangat.

Demikianlah resep membikin Sambal ganja khas aceh, mari dilakukan ditempat anda dengan mengikuti semua bahan dan langkah langkah detail tersebut. Ingat dibookmark website ini jadi anda bisa dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau ingin mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Selamat masak. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pagi akan terasa biasa jika kau lalui dengan begitu saja. Sambut pagi dengan senyuman dan semangat. Selamat pagi.”