Selat Solo daging sapi kuah kental. Kata selat sebenarnya mengacu pada salad. Jadi, selain daging sapi, selat Solo juga dilengkapi dengan sayur-sayuran. Bila steak ala western dibuat dengan cara dipanggang, maka selat solo yang dimasak bersama dengan bumbu-bumbu dan berkuah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Enak sudah pasti, dan harga terjangkau sekali. Setelah jalan-jalan di pasar Nusukan ato Joglo, beli getuk, serabi atau sate. Selat Solo berisi dengan beberapa jenis sayuran seperti wortel, buncis, mentimun, selada, kentang goreng, telur kecap, dan juga daging.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep selat solo daging sapi kuah kental yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal selat solo daging sapi kuah kental yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Kata selat sebenarnya mengacu pada salad. Jadi, selain daging sapi, selat Solo juga dilengkapi dengan sayur-sayuran. Bila steak ala western dibuat dengan cara dipanggang, maka selat solo yang dimasak bersama dengan bumbu-bumbu dan berkuah.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari selat solo daging sapi kuah kental, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan selat solo daging sapi kuah kental yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat selat solo daging sapi kuah kental yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Selat Solo daging sapi kuah kental menggunakan 26 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Selat Solo daging sapi kuah kental:

  1. Gunakan 250 g Daging sapi khas dalam (potong menurut selera).
  2. Sediakan secukupnya Air matang.
  3. Siapkan Bumbu marinasi:.
  4. Gunakan 7 siung bawang merah.
  5. Gunakan 5 siung bawang putih.
  6. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  7. Sediakan 1/4 biji pala.
  8. Siapkan 2 sdm kecap manis.
  9. Siapkan 1 sdt garam.
  10. Gunakan 120 g tomat (iris) saya kehabisan, saya ganti dengan air asam.
  11. Ambil Bahan pendamping:.
  12. Siapkan Wortel secukupnya (potong, rebus).
  13. Siapkan Buncis secukupnya (potong, rebus).
  14. Sediakan Kentang goreng (potong, goreng).
  15. Gunakan Telur rebus.
  16. Ambil Telur pindang:.
  17. Ambil 4 butir telur rebus.
  18. Gunakan 2 lembar daun salam.
  19. Siapkan 5 siung bawang merah (haluskan).
  20. Siapkan 3 siung bawang putih (haluskan).
  21. Gunakan 1 sdm gula merah.
  22. Gunakan 1 buah teh celup hitam.
  23. Siapkan secukupnya Garam.
  24. Gunakan 200 ml air.
  25. Gunakan Taburan:.
  26. Gunakan Bawang goreng dan kentang goreng.

Dalam selat Solo juga terdapat bumbu kuah yang disiramkan di atasnya. Kuah tersebut seperti kuah semur dan juga mayones buatan yang memiliki citarasa kecut dan segar. Beda dengan steak ala bule yang menggunakan banyak type daging sapi, apa tuh namanya tenderloin, sirloin dan lain-lain (awam euy soal daging sapi). kuah semurnya ringan dan tidak terlalu kental, tapi tetep dominan manis, keripik kentangnya tipis, manis dan renyah. Selain rasanya yang gurih dan manis, selat solo di sini juga dilengkapi dengan lidah sapi, telur, kentang, wortel, buncis, dan juga mustard khas Belanda.

Cara menyiapkan Selat Solo daging sapi kuah kental:

  1. Siapkan bahan-bahan. Awali memasak dengan membaca basmalah, sholawat dan berdoa..
  2. Haluskan bumbu marinasi kecuali tomat, balur pada daging. Diamkan dalam kulkas sekitar 30 menit (saya sekitar 1 jam'an)..
  3. Panaskan minyak, masukkan daging yang sudah dimarinasi. Tambahkan air matang. Masak sampai daging empuk. Matikan kompor..
  4. Telur pindang: panaskan kompor, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan gula merah. Tambahkan air, masukkan telur, daun salam, garam dan teh hitam. Masak sampai kuah menyusut dan telur berwarna coklat kehitaman..
  5. Siapkan piring, tata sayuran, telur pindang dan daging, taburi dengan bawang goreng dan kentang goreng..
  6. Sajikan dengan senyum, cinta dan doa. 🖤.

Jangan kaget dengan kuah selat solo yang dingin karena memang penyajiannya demikian. Namun, kamu juga bisa memintanya untuk dihangatkan terlebih dahulu. Selat segar khas depot ini terdiri dari irisan daging sapi dengan sayuran disiram kuah kecap encer. Selain selat segar, coba kreasi selat daging yang bahannya lebih spesial yakni varian selat sirloin beef dan selat iga bakar. Tempat makan instagramable ini menarik berkat bangunan gebyok.

Inilah resep memasak Selat Solo daging sapi kuah kental, silahkan dilakukan dirumah anda dengan mengikuti semua bahan bahan dan petunjuk detail tersebut. Ingat dibookmark website ini sehingga anda mampu dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terkini dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pancaran fajar di pagi hari adalah pancaran semangat. Semangat baru”