Lempah kuning ikan vegetarian (masakan khas Bangka). Masakan khas Belitung yang akan kami bahas adalah masakan lempah kuning ikan pari yang sangat gurih dan memiliki kelezatan yang tidak tertandingi yang mampu membuat lidah anda bergoyang. Lempah kuning terbuat dari bahan dasar ikan. Ikan yang biasa dipilih untuk membuat lempah adalah ikan kakap merah atau ikan tenggiri.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Makanan yang berasal dari hasil ikan dan udang ini diolah secara fermentasi. Masyarakat Bangka biasanya membuat balacan sebagai menu pelengkap masakan. Jika Anda ingin merasakan balacan, kunjungilah desa Sijok di.
Anda bisa mendapatkan Lempah kuning ikan vegetarian (masakan khas Bangka) menggunakan 10 bahan dan 3 langkah. Silahkan disimak semua detail {dibawah|berikut|sebagai berikut| ini.

Bahan Untuk Lempah kuning ikan vegetarian (masakan khas Bangka)

  1. 1 Ons Ikan Vegetarian.
  2. 2 batang Timun.
  3. Perlu 5 batang Serai.
  4. Ambil 1 ruas kecil Kunyit.
  5. 2 buah Cabe Keriting.
  6. Perlu 1/2 Ruas Laos.
  7. Siapkan Secukupnya Asam Jawa.
  8. Secukupnya Kaldu jamur totole.
  9. Perlu Secukupnya Garam.
  10. Siapkan Secukupnya Gula.

Harumnya aroma belacan (trasi) khas Bangka. Lempah kuning, selain sebagai gambaran ekspresi lingkungan tempat tinggal atau symbol Lempah kuning ini sangat popular di masyarakat Bangka Belitung. Selain ekonomis, ikan tongkol juga kaya akan protein loh. Lempah kuning terbuat dari bahan dasar irisan nanas dan ikan laut yang dimasak dalam kuah yang telah di bumbui Lakso merupakan masakan khas Bangka yang cukup terkenal.

Langkah Langkah Membuat Lempah kuning ikan vegetarian (masakan khas Bangka)

  1. Serai,kunyit,Laos dan cabe dihaluskan… Lalu ditumis hingga harum.. tuang air bersih setengah centong tunggu sampai mendidih…
  2. Masukkan ikan dan timun… Tambahkan gula,garam,kaldu,dan air asam Jawa,tes rasa… Masak hingga timun setengah lunak…. Angkat dan hidangkan… Lebih enak makan pas masih panas…
  3. Note: ikan dapat dibeli di kantin khusus menjual makanan vegetarian… ikan boleh diganti dengan daging analog lain nya….

Tampilannya mirip dengan mie bakso namun lakso. Bangka – Sajian lempah dari Bangka Belitung ini tidak memakai ikan tetapi memakai jamur pelawan. Salah satu masakan paling populer di Provinsi Bangka-Belitung adalah lempah. Secara umum, didapati dua jenis lempah, yaitu: lempah kuning – berkuah encer dengan nuansa rasa asam. Lempah kuning terbuat dari buah nanas yang diris-iris dan diberi bumbu kuah kunyit.

Demikianlah resep terbaik membuat Lempah kuning ikan vegetarian (masakan khas Bangka), ayo dilakukan didapur anda dengan melihat semua bahan baku dan langkah detail itu. Jangan lupa dibookmark website ini jadi anda mampu dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terkini dari kami. Happy Cooking Sumber Resep diambil dari: https://cookpad.com