Selat solo. Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Selat, a localization of 'salad', is considered healthy due to the veggies, though it also contains animal products such as beef and boiled eggs. Selat Solo is a delicious steak with Javanese and Dutch flair. It is a popular dish in Solo , with a long history there, originating from the Dutch colonial era.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep selat solo yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal selat solo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari selat solo, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan selat solo yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan selat solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Selat solo menggunakan 20 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Selat solo:

  1. Gunakan 1 kg telur ayam.
  2. Siapkan 1 Telur ayam.
  3. Siapkan 1 Sekengkel sapi atau balungan sapi.
  4. Sediakan 3 buah pala.
  5. Ambil 10 bawang merah.
  6. Siapkan 1/2 bawang bombay.
  7. Ambil 4 sendok sayur Kecap manis.
  8. Gunakan 3 sdm Garam.
  9. Sediakan 1/2 kg Gula pasir.
  10. Siapkan 3 sdm Kaldu jamur.
  11. Ambil 1 bungkus merica bubuk.
  12. Gunakan 6 liter air.
  13. Sediakan Bahan pelengkap:.
  14. Siapkan Buncis.
  15. Sediakan Wortel.
  16. Ambil Kentang.
  17. Gunakan Selada.
  18. Sediakan Timun.
  19. Gunakan Tomat.
  20. Ambil Mayonais.

You should really try this Javanese beef steak if you visit Solo. Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western. Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo.

Langkah-langkah menyiapkan Selat solo:

  1. Campurkan daging ayam giling dan 1 butir telur kemudian uleni sampe tercampur.
  2. Panaskan air dan masukkan sekengkel atau balungan sapi masak hingga mendisih.
  3. Setelah mendidih masukkan, bumbu yang telah dihaluskan dan irisan bawang bombay, hingga bau nya harum, pisah menjadi 2 bagian.
  4. Bagian 1 tanpa sekengkel atau balungan, untuk membuat bistik daging, saat sudah menggumpal cetak adonan daging giling tadi seperti membuat bakso lakukan hingga adonan habis, tambahkan kecap manis dan masak hingga warna berubah menjadi coklat kehitaman agar bumbu meresap kedalam bola bistik daging.
  5. Bagian 2, ketika sudah mendidih dan berbau harum dari aroma bumbu tadi masukkan gula, garam, kaldu jamur, kecap manis, sesuai selera tingkat kemanisannya,.
  6. Rebus telur sesuai kebutuhan, setelah direbus dan di kupas masukkan kedalam panci yang sudah ada bistik dagingnya tadi, masak sampai putih telur berubah warna menjadi kecoklatan.
  7. Rebus sayuran seperti buncis, wortel hingga tingkat kematangan yang di inginkan.
  8. Kupas kentang dan rendam dengan air garam selama 3 menit, agak kentang ada rasanya, kemudian goreng hingga kuning kecoklatan,.
  9. Sajikan dalam piring,.

Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda. Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal. Selat Solo ini sudah pernah saya posting resepnya dulu kala, namun kini saya recook ulang karena ini adalah salah satu masakan yang favorit. Rasanya yang nano-nano, manis, asam, asin, gurih, berpadu dengan indahnya dalam sebuah piring. Selat Solo walau menjadi masakan tradisional daerah Solo namun sebenarnya merupakan kuliner yang mendapatkan.

Inilah cara memasak Selat solo, silahkan disajikan dirumah anda dengan mengikuti semua bahan dan langkah langkah detail tersebut. Ingat dibookmark halaman ini jadi anda dapat dengan mudah kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terenak dari kami. Selamat memasak!. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Jika kamu ingin mewujudkan impian mu, hal pertama yang harus dilakukan adalah bangun dari mimpimu.”