Basic seitan (pengganti daging) #vegan #vegetarian. Resep Basic seitan (pengganti daging) #vegan #vegetarian. Seitan ya, bukan setan 😛 Di lingkunganku, para vegetarian / vegan lebih suka makan seitan dan tahu, daripada tempe. Setelah cari tahu, ternyata membuat seitan lebih mudah daripada membuat tempe dan tahu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Makanan ini awalnya dibuat dari adonan tepung gandum yang dicuci dengan air sampai semua butiran patinya hilang, menyisakan adonan yang kenyal dan lengket, tapi. Bagi para vegetarian pasti sangat menghindari makanan yang terdapat olahan daging didalamya. Namun ternyata para vegetarian tidak perlu khawatir lagi jika sedang rindu dengan makanan olahan daging, karena faktanya ada juga lho makanan pengganti daging.
Anda bisa memasak Basic seitan (pengganti daging) #vegan #vegetarian dengan menggunakan 13 bahan dan 4 langkah. Monggo silahkan disimak semua detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Basic seitan (pengganti daging) #vegan #vegetarian

  1. Perlu 125 gr tepung gluten.
  2. Siapkan 170 gr air.
  3. Perlu 1 sdm garlic oil.
  4. Ambil garam.
  5. Ambil lada.
  6. Ambil kecap asin.
  7. Siapkan 1 sdm miso beras merah.
  8. Ambil 1 sdm gochucang paste.
  9. Perlu 1 sdm kecap inggris.
  10. Perlu 1 sdm bbq sauce.
  11. Ambil 1 sdm vegetable buillons (penyedap rasa dari sayur-sayuran).
  12. Ambil bubuk paprika.
  13. Perlu gula.

Seitan namanya, makanan ini mirip sekali dengan daging, mulai dari rasa hingga teksturnya. Setelah cari tahu, ternyata membuat seitan lebih mudah daripada membuat tempe dan tahu. Seitan itu teksturnya kenyal seperti bakso, rasanya sih tergantung. Seitan merupakan pengganti daging yang cukup familiar di kalangan vegan dan vegetarian.

Instruksi Membuat Basic seitan (pengganti daging) #vegan #vegetarian

  1. Siapkan bahan-bahan, campur air dan bumbu-bumbu dalam satu mangkok. Jika sudah tercampur rata, tuang ke mangkok yang ada glutennya..
  2. Dalam hitungan detik setelah diulenin, adonan akan langsung menyatu dan solid seperti ini. Pindahkan ke baking paper, dan panaskan dandang..
  3. Seitan dikukus selama 15 menit, lalu angkat dan dinginkan. Setelah dingin akan lebih mudah untuk diiris. Jika mau dimakan, bisa dipanaskan di wajan..
  4. Seitan enaknya digrill seperti steak, atau digoreng. Tapi saya hari ini bikin rawon vegetarian dengan seitan ini. Ternyata enak juga, bumbu rawonnya menyerap ke seitan. Dan ukurannya 2x lebih besar setelah digodok dengan bumbu rawon..

Kata "seitan" berasal dari bahasa Jepang yang berarti terbuat dari protein. Mirip daging, seitan terbuat dari gandum. Jepang memiliki banyak jenis makanan sehat. Kalau yang lalu kita bahas shirataki, kali ini ada seitan. Teksturnya meaty, gak heran kalau seitan sering diolah sebagai pengganti daging.