Selat Solo / Bistik Jawa. Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western. Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic, vinegar, kecap manis (sweet soy sauce), Worcestershire sauce, water, and spiced with nutmeg and black pepper. It is served with hard boiled egg and.

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep selat solo / bistik jawa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal selat solo / bistik jawa yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western. Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari selat solo / bistik jawa, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan selat solo / bistik jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan selat solo / bistik jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Selat Solo / Bistik Jawa memakai 23 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Selat Solo / Bistik Jawa:

  1. Gunakan Bistik.
  2. Sediakan 1 kg sapi cincang.
  3. Gunakan 3 lembar roti tawar tanpa kulit.
  4. Gunakan 1 sdm tepung bumbu sajiku.
  5. Ambil 3 btr. Telor.
  6. Siapkan 1 sdt Garam, Merica, bawang putih Bubuk, pala bubuk.
  7. Gunakan 2 sdt Gula.
  8. Ambil Susu cair.
  9. Ambil Saus.
  10. Gunakan 8 siung bawang Merah.
  11. Sediakan 4 siung bawang putih.
  12. Gunakan 1 btl saos tomat.
  13. Sediakan 2 sdm kecap manis.
  14. Sediakan 1 lt air.
  15. Sediakan Garam merica.
  16. Sediakan Pala bubuk.
  17. Siapkan Kayu manis bubuk.
  18. Sediakan 2 sdt maizena.
  19. Gunakan Salad.
  20. Sediakan Telor.
  21. Siapkan Buncis.
  22. Sediakan Wortel.
  23. Ambil Kentang.

Merdeka.com – Selat Solo, hidangan berbahan daging khas kota Solo yang juga sering disebut dengan istilah bistik Jawa. Makanan ini diadaptasi dari biefstuk, steak daging ala Belanda. Penggunaan aneka jenis sayuran sebagai pendamping lantas membuat makanan ini jadi bernama selat alias salad. Suami suka makanan yg ada sayur, daging, kentang.

Cara membuat Selat Solo / Bistik Jawa:

  1. Bistik: campur semua bahan bistik, kecuali Telor. Aduk rata, pastikan roti tawar di sobek2 dulu sebelim.campur dengan daging. Marinate +/- 8 jam. Setelah 8 jam/ mau di masak, masukan telur satu persatu lihat kekentalannya… Tekstur harus seperti tektur membuat baso.. bisa di bentuk dengan tangan..
  2. Panaskan Flat teflon pan, dengan minyak sedikit, api kecil ya… Ambil 1 sdm daging, bulat2kan dengan tangan, taruh di atas teflon, tunggu sampai bawah adonan mulai masak, pipihkan sedikit dengan spatula. Masak semua sampai habis. (1kg bisa jadi +/- 27 pcs patty diameter 6-7cm).
  3. Saus: cincang bawang merah & bawang putih, tumis dengan minyak panas… Setelah harum masukan saos tomat, tumis sebentar, masukan air. Beri bumbu cek rasa. Kentalkan dengan sedikit cairan maizena..
  4. Kentang potong panjang, goreng kering beri garam. Potong korek Wortel dan Buncis, rebus sebentar. Buat telor mata sapi jangan lupa beri garam..
  5. Susun di piring saji, kentang goreng, wortel dan Buncis. Tambahkan 1telor ceplok, dan daging bistik, siram dengan saus. Sajikan saat panas…
  6. Selamat Mencoba.

Coba steak jawa ini ala saya tentunya hehehe. Selat Solo sang bistik jawa Selat solo adalah sebuah hidangan khas Jawa yang memiliki pengaruh hidangan Eropa dan berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terdiri dari daging sapi has luar yang direbus dalam kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap Inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica. Masakan Jawa yang spesial bisa jadi menu keluarga Anda. Dari bistik daging yang empuk, selat solo yang segar hingga mie Jawa yang mlekoh bumbunya.

Inilah cara membikin Selat Solo / Bistik Jawa, silahkan disajikan didapur anda dengan melihat semua bumbu dan cara masak detail tersebut diatas. Silahkan dibookmark website ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau berharap mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, agar selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Selamat masak. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Sambut pagi hari dengan semangat baru. Jangan mengeluh tentang hari kemarin. Jadikan hari kemarin sebagai pembelajaran dan hari ini sebagai upaya memperbaiki diri. Selamat pagi.”