Gadon – Pepes Daging Tahu. Pepes gadon daging sapi merupakan salah satu sajian nusantara yang memiliki cita rasa nikmat yang begitu lezat. Hidangan ini dibuat dari bahan dasar daging sapi cincang atau giling yang kemudian dipadu dengan bahan lain seperti telur, santan dan bumbu rempah yang kemudian dibungkus dengan. Walau bernama gadon yang berarti cemilan, sajian ini lebih cocok dijadikan lauk.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pepes tahu merupakan salah satu menu makanan Pepes tahu daging cincang dibuat dengan perpaduan daging sapi cincang. Cita rasa yang dihasilkan pada pepes tahu ini sangat khas dan juga lezat. Merdeka.com – Gadon daging termasuk jenis pepesan yang cukup populer.
Anda bisa memasak Gadon – Pepes Daging Tahu dengan menggunakan 20 bahan dan 11 langkah. Monggo silahkan diperhatikan semua detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Gadon – Pepes Daging Tahu

  1. Siapkan 250 gram daging has dalam.
  2. Perlu 2 butir telur ukuran sedang.
  3. Perlu 200 gram tahu cina.
  4. Perlu 10 gram Fiber Cream bubuk.
  5. Siapkan 2 lembar daun salam.
  6. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  7. Ambil 5 gram garam.
  8. Siapkan 5 gram gula.
  9. Perlu Bumbu halus:.
  10. Siapkan 10 gram kemiri sangrai.
  11. Perlu 25 gram bawang merah.
  12. Perlu 15 gram bawang putih.
  13. Ambil 3 gram merica.
  14. Perlu 30 ml minyak goreng.
  15. Siapkan Pelengkap:.
  16. Siapkan 12 lembar daun salam.
  17. Siapkan 2 ikat kemangi, siangi (+- 60 gram).
  18. Siapkan 12 lembar Daun pisang ukuran 15X20cm.
  19. Perlu 12 lembar Daun pisang ukuran 10X20cm.
  20. Perlu Tusuk gigi.

Rasanya cukup khas, karena menggunakan daging cincang yang diolah bersama telur, santan, dan rempah-rempah. Setelah dikukus, rasanya benar-benar lembut di lidah. Cara Membuat Resep Pepes Tahu Enak. Beberapa diantara kita pasti sering mendengar resep pepes.

Langkah Langkah Membuat Gadon – Pepes Daging Tahu

  1. Potong daun pisang menjadi ukuran kurang lebih 15x20cm. Bersihkan dengan lap. Rebus daun ke dalam air mendidih sekitar 5-10 menit hingga daun pisang layu. Angkat dan lap hingga kering. Sisihkan 🚫 #1: Daun tidak direbus. Daun tidak akan layu sehingga akan sulit untuk membungkus karena daun mudah robek.
  2. Bersihkan dengan cara mengeringkan permukaan daging dengan tissue dapur. Potong daging menjadi kotak-kotak kecil. Lalu giling daging dengan chopper/blender, hingga halus. 🚫 #2: Tidak mengeringkan permukaan daging dengan tissue dapur. Membuat daging bau amis dan bumbu susah masuk kedalam daging 🚫 #3: Daging tidak dipotong kotak kecil. Membuat Daging akan sulit halus dan lama saat di blender/chopper.
  3. Cuci tahu sebentar, tiriskan. Hancurkan tahu dengan menggunakan spatula atau sendok hingga tahu hancur. Pastikan tidak ada bagian tahu yang tidak hancur. 🚫 #4: Tahu tidak bagus. Tahu tidak terbungkus kain kassa dan berbau asam.
  4. Sangrai kemiri. Lalu haluskan semua bumbu halus dengan blender atau chopper, pastikan tidak ada gumpalan. Panaskan 30 ml minyak goreng lalu tumis bumbu halus bersama daun salam dan daun jeruk sekitar 2 menit dengan api sedang cenderung kecil 🚫 #5: Kemiri tidak disangrai/dibakar terlebih dahulu. Kemiri berbau langu dan akan mempengaruhi bau dan rasa dari masakan.
  5. Campur tahu dan bumbu yang sudah ditumis. Aduk rata dalam 1 wadah. Tambahkan daging. Aduk rata dengan menggunakan spatula.
  6. Kocok lepas telur di wadah kecil. Lalu masukkan telur kedalam adonan dan bumbui dengan garam, gula dan tambahkan Fiber Cream. Aduk hingga rata 🚫 #6 : Telur langsung dimasukkan kedalam adonan. Putih telur tidak tercampur rata dengan kuning telur. Timbang adonan dan bagi menjadi 12 bagian. Ambil sedikit adonan dan goreng untuk tes rasa. 🚫 #6 : Tidak dites rasa. Saat matang bila rasanya kurang, sudah tidak bisa dirubah lagi rasanya..
  7. Ambil selembar daun ukuran 15X20cm. Letakkan daun ukuran 10X20cm diatasnya. Tempatkan 1 daun salam. Tambahkan 1 bagian adonan gadon (+-50 gram), pipihkan, letakkan daun kemangi diatasnya. Gulung/tutup rekatkan bagian kedua ujung dengan tusuk gigi/lidi. Gunting rata bagian ujung agar rapi.
  8. Panaskan dandang dan kukus pepes daging selama 20 menit. Matikan api dan angkat. Dinginkan 🚫 #7 : Mengukus adonan sebelum kukusan benar-benar sudah panas dan beruap. Akan menyebabkan Adonan tidak matang sempurna.
  9. Cooling down makanan selama 45 menit sebelum dipacking. Hasil jadi masakan 12 bungkus 1 Porsi berisi 4 bungkus Gadon.
  10. ⚠️ Kriteria masakan tidak lulus uji validasi: □ Masih ada potongan daging utuh didalam adonan gadon □ Daun pisang bocor/sobek terlalu besar yang membuat adonan gadon terlihat dari luar □ Menggunakan staples menggantikan tusuk gigi/lidi untuk menutup daun.
  11. TIPS : 1. Langkah no 1, bisa dilakukan di H-1 atau H-2. Bungkus rapat dengan plastik dan simpan didalam lemari es 2. Langkah no 2-no 6 bisa dilakukan di H-1. Adonan disimpan dalam wadah tertutup atau ditutup rapat dengan menggunakan plastik wrap dan diamkan didalam chiller maksimal 12 jam.

Kandungan proteinnya tidak kalah lho dengan protein yang ada di daging, ikan, ayam atau yang lainnya. Selain itu tahu juga dipercaya baik sekali untuk menurunkan kandungan kolesterol. Resep Pepes Tahu – Tahu merupakan makanan terbuat dari hasil fermentasi kedelai yang diambil sarinya. Makanan yang sering kita jumpai hampir setiap hari ini memiliki protein yang cukup tinggi dengan tingkat sodium yang rendah. Resep Pepes Tahu – Siapa yang suka pepes tahu, pastinya rugi banget lho kalau sampai tidak suka?

Inilah resep membuat Gadon – Pepes Daging Tahu, ayo dipraktekkan dirumah anda dengan memperhatikan semua bumbu bumbu dan step step detail tersebut diatas. Silahkan dibookmark web ini jadi anda bisa dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya dapat selalu mendapatkan update resep terbaru saat kami. Happy Cooking