Selat Solo. Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic , vinegar , kecap manis (sweet soy sauce ), Worcestershire sauce , water, and spiced with nutmeg and black pepper. Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda. Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal. Selat Solo, a salad with a Javanese twist, By; Putri Fitria Selat solo provides a good example.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep selat solo yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal selat solo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari selat solo, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan selat solo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Selat solo (Javanese for: "Solo salad") is a Javanese dish influenced by Western cuisine; it is a specialty of Solo city, Central Java, Indonesia. It consists of braised beef tenderloin served in thin watery sauce made from a mixture of garlic , vinegar , kecap manis (sweet soy sauce ), Worcestershire sauce , water, and spiced with nutmeg and black pepper. Steak biasanya dikenal sebagai makanan ala western.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat selat solo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Selat Solo menggunakan 32 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Selat Solo:

  1. Ambil Bahan daging:.
  2. Siapkan 250 gr daging sapi, potong2 (me: potong rendang).
  3. Ambil 4 buah sosis sapi, potong menjadi 2 bagian (hanya tambahan).
  4. Siapkan 1/4 biji pala.
  5. Gunakan 3 siung bawang putih.
  6. Siapkan 3 butir bawang merah.
  7. Siapkan 2 sdm kecap manis.
  8. Gunakan 1/2 sdt garam.
  9. Siapkan ——————–.
  10. Gunakan Bahan saus:.
  11. Gunakan 3 sdm mentega.
  12. Gunakan 5 siung bawang putih, uleg.
  13. Sediakan 1/2 bawang bombay ukuran sedang, iris tipis.
  14. Gunakan 1 liter air.
  15. Sediakan 3 batang cengkeh.
  16. Siapkan 1 batang kayu manis.
  17. Gunakan 1/2 buah asam jawa.
  18. Ambil 2 sdm saus inggris.
  19. Siapkan 1 sdm kecap manis.
  20. Gunakan 3 sdt merica bubuk.
  21. Gunakan 1/4 atau secukupnya gula merah.
  22. Siapkan Secukupnya gula putih.
  23. Ambil secukupnya Garam.
  24. Sediakan ——————–.
  25. Ambil Bahan pelengkap:.
  26. Ambil Selada air, cuci bersih.
  27. Ambil 2 buah wortel ukuran sedang, kupas, cuci, kukus sebentar.
  28. Ambil Buncis secukupnya, bersihkan, kukus sebentar.
  29. Sediakan 3 umbi kentang ukuran besar, kupas, cuci, kukus sebentar.
  30. Gunakan … potong2 lalu goreng.
  31. Siapkan 1 buah tomat, cuci, iris tipis2.
  32. Sediakan 5 butir telur ayam, rebus, potong 2 bagian.

This dish is believed to be a European salad adapted to the Javanese tongue. Indeed, it has a European look and a Javanese taste. Selat Solo is a delicious steak with Javanese and Dutch flair. It is a popular dish in Solo, with a long history there, originating from the Dutch colonial era.

Cara membuat Selat Solo:

  1. Uleg bawang putih, merah dan pala. Pindahkan ke dalam wadah, tambahkan kecap dan garam, aduk merata. Masukkan daging dan sosis. Masukkan ke dalam kulkas (me: 6 jam).
  2. Goreng daging, tiriskan. Tumis bawang putih dan bawang bombay menggunakan mentega bekas daging. Masukkan air dan semua bahan saus, kemudian masukkan daging. Masak hingga matang. (Me: masukkan 400ml air, setelah set masukkan kembali 300ml. Setelah set lagi masukkan 300ml air lagi dan tunggu hingga daging matang).
  3. Masukkan sosis, masak sebentar.
  4. Tata dalam piring, siap disajikan.

You should really try this Javanese beef steak if you visit Solo. Selat Solo walau menjadi masakan tradisional daerah Solo namun sebenarnya merupakan kuliner yang mendapatkan pengaruh kuat dari Belanda. Masakan ini sebenarnya adalah kuliner Eropa yaitu bistik daging yang kemudian seiring waktu disesuaikan dengan bahan dan cita rasa lokal. Kini selat Solo mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Selat Solo Banyak orang menghindari terlalu banyak asupan daging sapi karena kolesterol.

Inilah cara membuat Selat Solo, mari dilakukan dirumah anda dengan mengikuti semua bumbu bumbu dan step step detail diatas. Ingat dibookmark website ini agar anda bisa dengan mudah kembali kesini apabila ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terpopuler dari kami. Happy Cooking. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

Memasak adalah sama dengan bercinta. Kegembiraan hanya timbul pada suatu saat, dan sesudah itu hanya tinggal kenangan manis.