Ayam Goreng Sambal Dabu-Dabu. Jakarta – Ayam geprek dengan sambal pedas memang bikin kangen. Gerai yang satu ini sajikan ayam geprek tanpa tulang, dengan aneka sambal dan terong goreng. Resep Ayam goreng sambal dabu dabu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ini dia salah satu sambal favorit saya sebagai pendamping hidangan Ayam Goreng. ResepMedia.com – Resep sambal dabu-dabu yang pedas. Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang ada dan populer di Indonesia.

Lagi mencari inspirasi resep ayam goreng sambal dabu-dabu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam goreng sambal dabu-dabu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam goreng sambal dabu-dabu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam goreng sambal dabu-dabu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Jakarta – Ayam geprek dengan sambal pedas memang bikin kangen. Gerai yang satu ini sajikan ayam geprek tanpa tulang, dengan aneka sambal dan terong goreng. Resep Ayam goreng sambal dabu dabu.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat ayam goreng sambal dabu-dabu sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Goreng Sambal Dabu-Dabu menggunakan 14 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ayam Goreng Sambal Dabu-Dabu:

  1. Sediakan 500 gr Dada Ayam Fillet.
  2. Ambil Tepung Bumbu Instant.
  3. Ambil Secukupnya Ketumbar Bubuk.
  4. Ambil Secukupnya Merica.
  5. Sediakan Secukupnya Kaldu Jamur.
  6. Ambil Minyak untuk Menggoreng.
  7. Sediakan Sambal Dabu-Dabu.
  8. Siapkan 5 siung Bawang Merah.
  9. Siapkan 2 buah Tomat Hijau.
  10. Siapkan 1 sdt Air Lemon.
  11. Ambil 3 sdm Minyak Panas.
  12. Sediakan Secukupnya Cabe Rawit.
  13. Sediakan Sedikit Kaldu Jamur.
  14. Gunakan Sejumput Garam.

Manado yang dikenal memiliki aneka menu kuliner pedasnya, juga dikenal dengan sambalnya yang satu ini dengan rasa pedas dan segarnya. Sambal ini cukup unik karena tidak diulek, melainkan hanya dengan mengiris kecil-kecil semua bahan. Rasanya yang pedas dan segar cocok sekali dinikmati bersama ikan bakar, ikan goreng, atau hidangan seafood lainnya. Biasanya sambal dabu-dabu dijadikan sebagai teman lauk, terutama lauk pauk yang berasal dari gorengan.

Cara menyiapkan Ayam Goreng Sambal Dabu-Dabu:

  1. Cuci bersih Dada Ayam Fillet, lalu tiriskan. Taburi dengan Ketumbar Bubuk, Merica, dan Kaldu Jamur. Aduk hingga semua bagian ayam terbumbui. Diamkan sebentar.
  2. Buat adonan dari Tepung Bumbu Instant (saya pakai Sasa). Cara mudahnya, ikutin petunjuk di kemasan.
  3. Panaskan Minyak, goreng Ayam hingga kecoklatan. Sisihkan.
  4. Potong kasar Bawang Merah, Tomat Hijau dan Cabe Rawit atau berbentuk Dadu. Taburi Garam, Kaldu Jamur, dan Lemon. Aduk.
  5. Masukan Minyak Panas bekas menggoreng ayam ke dalam Sambal Dabu-Dabu. Aduk hingga tercampur rata.
  6. Kemudian plating dan sajikan.

Karena sambal ini sangat nikmat sekali apabila disantap bersama dengan makanan yang digoreng, seperti ikan goreng, lele goreng, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Sebagai temannya tentu tidak afdol jika tidak ada sambalnya, maka saya buat saja sambal dabu-dabu. Secara sambal ini paling mudah dibuat dan pas rasanya menikmati ayam goreng dengan sambal ini. Dan pastinya sambal dabu-dabu tanpa tambahan terasi jadi pas sekali dengan diet rendah garam yang masih saya jalankan, tidak seperti sambal matah ya. There are a lot sambal recipes is Indonesia, and every area have their favorite, such as sambal ijo in West Sumatra, sambal terasi in eastern Java, dabu-dabu in Sulawesi, sambal matah in Bali, and many more.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Goreng Sambal Dabu-Dabu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!