Lawar nangka. Lawar adalah salah satu menu yang biasanya di sajikan saat Hari Raya Galungan di Bali. Biasanya Lawar di buat dengan menggunakan buah nangka yang di rajang. Nasi lawar nangka.enak.di Sayan ubud, Proses pembuatan nasi lawar nangka yang sangat populer di bali, nasi lawar ini ada di desa Sayan Ubud..

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Lihat juga resep Lawar Nangka Ayam, Lawar nangka enak lainnya! Lawar Gedang Lawar Nangka (YASA SEGA). Cara buat lawar nangka dan jeruk timbungan khas munduk.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep lawar nangka yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal lawar nangka yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lawar nangka, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan lawar nangka yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Lawar adalah salah satu menu yang biasanya di sajikan saat Hari Raya Galungan di Bali. Biasanya Lawar di buat dengan menggunakan buah nangka yang di rajang. Nasi lawar nangka.enak.di Sayan ubud, Proses pembuatan nasi lawar nangka yang sangat populer di bali, nasi lawar ini ada di desa Sayan Ubud..

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan lawar nangka sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Lawar nangka menggunakan 24 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Lawar nangka:

  1. Sediakan 500 gr daging dada ayam (no kulit, tulang).
  2. Sediakan 20 lonjor kacang panjang.
  3. Siapkan I/2 bh nangka muda uk. Kecil.
  4. Sediakan 1/4 bh kelapa tua dibakar.
  5. Ambil 1/2 bh jeruk limau.
  6. Sediakan 15 siung bawang merah (diiris lalu dibuat bawang goreng).
  7. Sediakan 8 siung bawang putih (diiris lalu dibuat bawang goreng).
  8. Gunakan 8 bh cabe kecil (Iris lalu goreng sebentar).
  9. Ambil 1.5 block terasi Abc (goreng lalu campur garam).
  10. Ambil Base genep.
  11. Sediakan 1 cm kunyit bakar.
  12. Gunakan 3 cm jahe.
  13. Gunakan 8 cm lengkuas.
  14. Gunakan 5 cm kencur.
  15. Siapkan 15 siung bawang merah.
  16. Ambil 8 siung bawang putih.
  17. Siapkan 2 btr kemiri.
  18. Siapkan Garam.
  19. Gunakan 1/2 block terasi abc.
  20. Siapkan Kaldu bubuk.
  21. Siapkan Merica bubuk.
  22. Sediakan 3 bh cabe besar.
  23. Ambil 4 bh cabe kecil.
  24. Gunakan 3 lbr daun salam segar.

Lawar is an Indonesian dish created from a mixture of vegetables, coconut and minced meat mixed with rich herbs and spices, originating from Bali, Indonesia. This dish is commonly found in restaurants and warungs in Bali. lawar nangka. Sangrai kelapa parut di atas api sedang, aduk terus selama menyangrai Ingin mencoba membuat sajian lawar di rumah? Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali.

Cara menyiapkan Lawar nangka:

  1. Cuci bersih kacang panjang dan nangka yg sudah dipotong dengan air mengalir. Siapkan panci untuk merebus kacang panjang dan nangka. Tunggu hingga mendidih baru masukkan kacang panjang hingga matang (selalu perhatikan kematangan kacang panjang supaya tidak kelembekan). Setelah matang, dibekas air merebus tersebut masukkan nangka potongnya tutup panci dan selalu cek kematangan nangka juga.
  2. Setelah nangka matang, tiriskan dan dinginkan. Sembari menunggu, potong kacang panjang (potong seperti membuat trancam). Jika nangka sudah dingin iris kasar (rajang kasar) lalu peras nangka rajangnya hingga kering (mesti dilakukan supaya lawarnya kering dan tidak berair).
  3. Lanjut siapkan semua bumbu untuk membuat "base genep"/bumbu komplit masakan Bali. Lalu masukkan ke chopper (jangan terlalu halus, step ini optional ya kalau saya sukanya mengaluskan bumbu dengan ulekan walau ribet karena sari sari bumbu akan lebih keluar jika diulek ketimbang hanya mengunakan full chopper /blender. Kalau mengunakan mesin tambahkan minyak goreng).
  4. Setelah bumbu base genepnya dihaluskan dengan chopper sebentar, ulek hingga halus dengan ulekan 😂 (step optional, suka suka yg buat) baru tumis tambahkan daun salam. Tumis hingga harum (gunakan minyak yg agak banyak, jika tidak suka dengan hasil akhir yg terlalu berminyak, bumbu tumisnya ditiriskan saja terus buang minyaknya😁).
  5. Lawar nangka itu seperti urap Bali cuma pakai daging ada yg pakai Babi, ayam, kuwir dll. Resep ini mengunakan dada ayam. Jadi daging ayamnya dichopper hingga halus terus campur dengan sedikit bumbu base genepnya yg sudah ditumis dan daun salam baru dibungkus daun untuk dikukus hingga matang dan mengeluarkan aroma. Kalau ayamnya direbus baru di cincang akan sedikit berair, kalau ditumis akan berminyak. Tapi pilihan balik ke yang membuat 😁.
  6. Setelah semua siap, saatnya meracik lawar. Jadi masukkan ayam kukusnya me mangkok besar lalu tambahkan dengan sedikit bumbu base genepnya terus masukkan nangka dan kacang panjang, baru masukkan sisa bumbu yg lain. Terakhir beri kerasan air jeruk limau supaya seger😂. Oh ya lawar lebih enak jika dicampur /diracik saat akan makan dan tidak bertahan lama karena mengunakan kelapa parut bakar.
  7. Selamat mencoba dan saya doakan sukses juga membuatnya..

Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali. Lawar means finely minced meat and spices. BLANCH THE MUNG BEAN SPROUTS Bring a medium pot of water to a boil. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa. Demikian juga bila yang digunakan sayur nangka, maka lawarnya diberi nama lawar nangka.

Inilah cara memasak Lawar nangka, ayo disajikan didapur anda dengan melihat semua bumbu dan step step detail itu. Jangan lupa dibookmark halaman ini jadi anda mampu dengan mudah kembali kesini jika ada yang terlupa atau bermaksud mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terenak dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Selalu ada mentari baru, setiap pagi. Selalu ada kesempatan baru, tiap hari.”