Nasi Pecel khas Malang. Selain pecel khas Blitar, di Malang kamu juga bisa menemukan nasi pecel khas Trenggalek. Disajikan dengan pincuk daun pisang, nasi pecel ini berisi kacang panjang, bayam dan tauge yang kemudian disiram dengan saus kacang manis. Agar lebih enak kamu juga bisa menambahkan telur.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Di Malang, hidangan ini sering disebut dengan sego goreng mawut, dan banyak dijual di warung-warung pinggir jalan yang buka mulai dari senja. Nasi pecel merupakan salah satu menu favorit warga Malang. Nasi pecel sendiri terdiri dari nasi yang ditemani dengan rebusan sayur segar, siraman Dengan racikan bumbu cita rasa khas tradisional Indonesia nan bergizi, nasi pecel cocok disantap untuk sarapan pagi.
Anda bisa mendapatkan Nasi Pecel khas Malang dengan menggunakan 38 bahan dan 6 langkah. Monggo silahkan disimak semua detail dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Nasi Pecel khas Malang

  1. Perlu 3 cup beras.
  2. Siapkan 4 cup air.
  3. Siapkan Bumbu Sambal Pecel :.
  4. Siapkan 250 gram kacang tanah, cuci, goreng.
  5. Perlu 125 gram gula merah, sisir halus.
  6. Ambil 3 siung bawang putih, goreng.
  7. Siapkan 5 buah cabe merah keriting.
  8. Ambil 5 buah cabe rawit merah (tambahkan bila suka pedas).
  9. Perlu 5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya.
  10. Siapkan 3 cm kencur, kupas dan cuci bersih.
  11. Siapkan secukupnya asam jawa matang.
  12. Siapkan secukupnya garam.
  13. Perlu 1 sendok makan gula pasir.
  14. Perlu 1/2 sendok teh terasi matang (bila suka).
  15. Siapkan Sayuran :.
  16. Perlu 2 genggam taoge.
  17. Siapkan seikat kecil kacang panjang.
  18. Ambil seikat kecil bayam.
  19. Siapkan 1 buah labusiam.
  20. Siapkan ketimun dan daun kemangi.
  21. Perlu Lauk goreng :.
  22. Siapkan 1/4 lonjor tempe, potong lebar.
  23. Siapkan 5 buah tahu gembos.
  24. Siapkan 2 siung bawang putih.
  25. Siapkan 1/2 sendok teh garam.
  26. Perlu secukupnya air.
  27. Perlu Peyek Kacang :.
  28. Perlu 200 gram kacang tanah, belah dua.
  29. Perlu 250 ml santan.
  30. Siapkan 150 gram tepung beras.
  31. Perlu 1 sendok makan sagu.
  32. Ambil 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya.
  33. Ambil 1 st garam.
  34. Ambil 2 siung bawang putih.
  35. Ambil 5 butir kemiri.
  36. Ambil 1 cm kencur.
  37. Ambil 1 sendok teh ketumbar bubuk.
  38. Perlu 1 telur ukuran kecil, kocok lepas.

Ya nasi pecel, makanan dengan sajian nasi ditambah sayuran dengan siraman bumbu kacang ini memberikan rasa yang sangat enak. Tak jarang banyak wisatawan yang berkunjung ke Malang hanya untuk mencicipi nasi pecel khas Malang ini. Dalam penyajianya, biasanya nasi pecel sendiri. Biasanya disajikan sebagai lauk pelengkap rawon, nasi pecel atau nasi urap.

Instruksi Membuat Nasi Pecel khas Malang

  1. Cuci beras dan masak nasi seperti biasa (memakai rice cooker). Padahal di warung nasi pecel langganan saya di Malang, nasinya di masak memakai kayu bakar. Hasil nasinya lebih sedap dan wangi.
  2. Cuci bersih dan siangi sayuran, lalu rebus satu persatu ..
  3. Campur semua bahan bumbu pecel dan tumbuk / blender hingga halus. Kalau bikinnya banyak bisa digiling di pasar juga lho… Ambil beberapa sendok bumbu pecel dan tuang di mangkuk, beri sedikit air panas lalu aduk hingga kental..
  4. Membuat peyek kacang, campur tepung beras dan sagu, masukkan bawang putih kemiri, daun jeruk dan kencur yang sudah dihaluskan. Beri garam, ketumbar bubuk dan santan. Terakhir masukkan telur . Aduk hingga halus dan licin. Masukkan kacang dan goreng melebar di pinggir wajan.
  5. Lauk goreng: Haluskan bawang putih dan garam. Beri sedikit air. Celupkan potongan tempe dan tahu dalam bumbu lalu goreng hingga matang..
  6. Penataan: siapkan piring lebar, alasi daun pisang. Beri nasi putih, sayuran rebus, tahu,tempe. Siram beberapa sendok bumbu pecel diatas sayuran rebus. Beri potongan ketimun dan daun kemangi. Tak lupa, peyek kacangnya..

Selain itu, pecel di Malang ini khas dengan rempeyeknya. Karena ketagihan, karena tidak hanya pecel saja yang bisa didapat. Sajian nasi pecel khas Madiun sangat populer dan wajib banget dicicipi bila Anda berkunjung ke kotanya. Keberadaan nasi pecel sudah dapat dengan mudah ditemui di hampir seluruh antero Pulau Jawa. Hidangan sederhana nan menyehatkan ini memang selalu menggiurkan.

Demikianlah resep terbaik membikin Nasi Pecel khas Malang, monggo disajikan ditempat anda dengan melihat semua bumbu bumbu dan petunjuk detail tersebut. Ingat dibookmark halaman ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, supaya dapat selalu mendapatkan update resep terbaru kalau kami. Happy Cooking