Steak Jawa (Selat solo). For one, selat solo is actually a full-fledged beef steak with a lot of vegetables in them. Unlike a steak, selat also purposefully uses a soup that resembles semur. Some people also call this dish as bistik jawa.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Akan tetapi, Indonesia juga punya loh makanan khas berupa steak. Makanan yang sering disebut bistik Jawa ini bernama Selat Solo. Tak dipungkiri, kemunculan makanan ini memang terpengaruh dengan masa penjajahan Belanda.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep steak jawa (selat solo) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal steak jawa (selat solo) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari steak jawa (selat solo), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan steak jawa (selat solo) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

For one, selat solo is actually a full-fledged beef steak with a lot of vegetables in them. Unlike a steak, selat also purposefully uses a soup that resembles semur. Some people also call this dish as bistik jawa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan steak jawa (selat solo) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Steak Jawa (Selat solo) menggunakan 26 bahan dan 1 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Steak Jawa (Selat solo):

  1. Sediakan 2 kerat daging tanderloin / has dalam.
  2. Sediakan 1 Butir telur rebus.
  3. Sediakan 1 buah Kentang, potong kotak memanjang, goreng (bumbui dengan garam).
  4. Siapkan 5 Buah Buncis, rebus, tumis pada butter.
  5. Ambil 1 Buah Wortel, potong kotak memanjang, rebus, tumis dengan butter.
  6. Ambil 1 tangkai daun salada.
  7. Ambil Acar :.
  8. Gunakan 1 Buah timun di potong kotak,.
  9. Siapkan 2 siung bawang merah iris tipis,.
  10. Gunakan 1 sdm Cuka,.
  11. Siapkan secukupnya garam.
  12. Siapkan secukupnya Saus mustard.
  13. Siapkan Bumbu – bumbu :.
  14. Sediakan 4 Siung bawang merah.
  15. Gunakan 3 Siung bawang putih.
  16. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk.
  17. Gunakan 1/4 sdt pala.
  18. Ambil 1/4 buah tomat iris tipis.
  19. Gunakan 1/2 buah asam.
  20. Siapkan 1/2 buah bawang bombay, iris memanjang.
  21. Sediakan 2 butir cengkeh.
  22. Ambil Sedikit batang kayu manis.
  23. Gunakan 2 Sdm kecap manis.
  24. Siapkan secukupnya Garam.
  25. Sediakan secukupnya Air.
  26. Gunakan Sedikit butter untuk menumis.

Ketika itu, kaum menengah memadukan makanan khas Belanda dengan cita rasa lokal. Selat Solo adalah salah satu makanan khas di kota Solo. Selat Solo yang dikenal juga dengan nama bistik Jawa yang sudah diberi modifikasi agar khas dengan lidah orang Solo yang sebenarnya adalah adaptasi oleh warga Kraton Solo, untuk makanan bestik lon yang dimaksud. >> Hidangan khas Kota Solo, adaptasi dari beef steak ala Eropa menjadi rasa Jawa yang lebih manis dan berkuah. Di masa kolonial Selat Solo dihidangkan untuk kaum ningrat. >> Mayones yang dicampur dengan mustard dapat menjadi pilihan praktis pengganti mayones Jawa.

Cara menyiapkan Steak Jawa (Selat solo):

  1. Tumis bawang putih, bawang merah, tomat, merica, pala yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.. masukkan bawang bombay, dan bumbu lainnya, masukkan daging, beri air. Tunggu sampai matang, angkat dan tata di atas piring.

Tambahkan lada, garam, dan gula sesuai selera. Selat Solo merupakan kuliner khas Solo, Jawa Tengah yang didaptasi dari beef steak dan salad di jaman kolonial Belanda. Sejarah makanan tradisional ini awalnya dihidangkan keluarga keraton Pura Mangkunegaran. Irisan daging dihidangkan bersama sayuran dan kentang kemudian disiram kuah kental yang rasanya gurih segar sedikit asam membuat kangen cita rasa makanan ini. Selat Solo merupakan steak ala Eropa yang dimodifikasi sesuai lidah raja-raja Kasunanan Solo.

Demikian cara membikin Steak Jawa (Selat solo), ayo disajikan didapur anda dengan mengikuti semua bahan dan langkah langkah detail itu. Silahkan dibookmark web ini jadi anda mampu dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, agar selalu memperoleh update resep terbaru dari kami. Selamat masak. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Tersenyumlah di cermin. Lakukan itu setiap hari dan kau akan mulai melihat perbedaan besar dalam hidupmu.” -Yoko Ono-