Bolu kojo. Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Makanan ini ciri khas banget dengan Palembang, dan didaerah ibu di Lahat, selalu di sajikan ketika ada acara nikahan, lebaran dan acara keluarga lainnya dan nama lain bolu kojo di lahat juada basah­čść #IbuKangenKampung #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu #onerecipeonetree. Bolu kojo biasanya dijual di toko oleh-oleh khas Palembang dan selalu disajikan saat acara-acara adat. Namun, keberadaan kue kojo saat ini makin langka dan sulit untuk ditemukan.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep bolu kojo yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kojo yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kojo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bolu kojo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bolu kojo sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Bolu kojo memakai 7 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Bolu kojo:

  1. Siapkan 5 butir telur.
  2. Gunakan 500 grm gulapasir.
  3. Siapkan 500 grm tepung terigu.
  4. Sediakan 3 sdm mentega.
  5. Sediakan 1500 ml santan peras.
  6. Sediakan 2 sachet SKM.
  7. Gunakan Secukupnya perasa pandan atau pasta pandan.

Di Jakarta, ternyata masih ada yang tertarik untuk berbisnis kue kojo. Ia adalah Sri Tamin, seorang perempuan yang menikah dengan pria asli Sumatera Selatan. Bolu Kojo ini merupakan bolu khas daerah Sumatera Selatan yang beraroma pandan. Tekstur bolu ini sendiri tidak seperti bolu lainnya yang cenderung memiliki pori-pori dan mengembang, tektur bolu ini terlihat padat diluar tapi kalau dimakan lembut kok mungkin lebih kurang teksturnya kayak kue lumpu.

Langkah-langkah menyiapkan Bolu kojo:

  1. Masak santan sampek mendidih, lalu dingin kan.
  2. Lalu di wadah lain lelehkan mentega kemudian sisih kan..
  3. Siapkan wadah, kocok telur bersama gula menggunakan mixser atau whisk. Sampek gula larut saja..
  4. Jika gulanya sudah larut masukkan santan, secukupnya pewarna pandan atau pasta pandan lalu masukkan mentega yang sudah di cairkan. Aduk rata.
  5. Lalu Masukkan susu kemudian masukkan terigunya. Aduk rata lalu di saring dan di masukkan ke loyang atau baking.
  6. Panggang kurang lebih 1 jam 1/2, setelah matang diamkn dahulu setelah dingin baru di keluarkan dari loyang.. selesai.

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah. Kue bolu kojo pun sudah siap untuk disajikan.

Demikian resep terbaik membuat Bolu kojo, mari dilakukan didapur anda dengan mengikuti semua bumbu bumbu dan cara masak detail tersebut. Jangan lupa dibookmark halaman ini jadi anda dapat dengan mudah kembali kesini apabila ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Tuliskan dalam hatimu bahwa setiap hari adalah hari terbaik dalam setahun.” -Ralph Waldo Emerson-