Gudeg basah tetelan sapi. Lihat juga resep Gudeg putih + tetelan sapi enak lainnya. Untuk membuat gudeg versi basah ini, bumbunya sama seperti membuat gudeg Yogya, tapi santan lebih banyak dan ada campuran tetelan sapinya, jadi kuahnya lebih gurih dan enak. Lihat juga resep Gudeg nangka daging sapi enak lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Lengkap dengan berbagai jenis lauk pauk seperti telur rebustahu, tempe. Atau ayam kampung dan sambal goreng krecek yang terbuat dari kulit sapi. Gudeg terbuat dari bahan baku nangka muda atau juga biasa disebut tewel.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep gudeg basah tetelan sapi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gudeg basah tetelan sapi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gudeg basah tetelan sapi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan gudeg basah tetelan sapi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Gudeg putih + tetelan sapi enak lainnya. Untuk membuat gudeg versi basah ini, bumbunya sama seperti membuat gudeg Yogya, tapi santan lebih banyak dan ada campuran tetelan sapinya, jadi kuahnya lebih gurih dan enak. Lihat juga resep Gudeg nangka daging sapi enak lainnya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gudeg basah tetelan sapi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Gudeg basah tetelan sapi menggunakan 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Gudeg basah tetelan sapi:

  1. Siapkan Nangka muda / Gori ca cah (secukupnya).
  2. Ambil Kacang panjang/ daun singkong yg sdh di rebus.
  3. Ambil Tetelan sapi dan dagingnya.
  4. Ambil Santan cair dan kental.
  5. Sediakan Daun salam.
  6. Gunakan Laos geprek.
  7. Siapkan Gula jawa.
  8. Gunakan Bumbu uleg :.
  9. Siapkan Bawang putih.
  10. Sediakan Bawang merah.
  11. Sediakan Miri.
  12. Siapkan Tumbar.
  13. Ambil Garam.
  14. Ambil Kaldu bubuk.
  15. Gunakan Gula pasir.
  16. Siapkan Semua sesuai selera yaaa bun,,,.

Kadang juga ditambah tetelan sapi atau ayam agar terasa lebih gurih. Bagian tersulit dari membuat masakan ini adalah waktu mengolahnya yang lama. Namun sebenarnya gudeg sama sekali tak sulit dibuat. Rebus tetelan dan otot sapi hingga lunak, lalu potong-potong sesuai selera.

Cara membuat Gudeg basah tetelan sapi:

  1. Rebus dulu gori/ nangka muda agar getah ilang sampe empuk..setelah mateng saring buang air..
  2. Rebus tetelan ke dalam manci smpe empuk..bila sudah empuk biarkan jgn buang airnya..
  3. Gongso bumbu uleg dengan minyak gor secukupny aja..sampai harum, lalu bila sudah harum tuangkan ke dalam manci rebusan daging sapi tadi..
  4. Susul masukan kacang panjang tunggu 5 menit dan masukan lg gori ato nangka mud ny…di tambah daun salam, laos, guljawa..tutup.
  5. Setelah bumbu meresap masukan santen cair…aduk"bila sdh susut airnya kasih yg kental.. aduk terus biar g pecah santannya…kemudian test rasa bisa disesuaikan keinginan masing"😅 selamat mencoba.

Tambahkan garam, merica, dan kecap manis, aduk merata. Gudeg yang dimasak dengan menggunakan santan dan gula biasanya disajikan dengan nasi putih, lengkap dengan berbagai jenis lauk pauk seperti telur rebus, ayam kampung, tahu, tempe dan sambal goreng krecek yang terbuat dari kulit sapi. Jenis gudeg yang paling populer adalah gudeg basah yang memiliki kandungan santan yang cukup banyak. Resep Membuat Tumis Tetelan Daging Sapi Enak – Tetelan merupakan salah satu bagian dari sapi atau daging yang berlemak dan memiliki rasa yang gurih ketika sudah diolah. Daging jenis tetelan ini biasanya dijadikan sebagai pelengkap baso atau jenis makanan lainnya.

Demikian cara membikin Gudeg basah tetelan sapi, mari dilakukan dirumah anda dengan mengikuti semua bahan bahan dan petunjuk detail tersebut. Ingat dibookmark web ini jadi anda bisa dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau ingin mendapatkan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Selamat memasak!. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Selalu ada mentari baru, setiap pagi. Selalu ada kesempatan baru, tiap hari.”