Gudeg labu siam/ labu jipang. Labu siam dikenal juga dengan sebutan jipang atau labu jipang, buah dan pucuk mudanya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Tanaman labu siam banyak dibudidayakan di Indonesia, batangnya merambat dan memiliki karakter mirip dengan tanaman gambas. Cara menanam labu siam tidaklah terlalu sulit karena labu siam merupakan tanaman dengan daya tahan hidup yang tinggi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Labu siam atau jipang (Sechium edule, bahasa Inggris: chayote) adalah tumbuhan suku labu-labuan (Cucurbitaceae) yang dapat dimakan buah dan pucuk mudanya. Tumbuhan ini merambat di tanah atau agak memanjat dan biasa dibudidayakan di pekarangan, biasanya di dekat kolam. Di indonesia tanaman labu siam belum diusahakan secara besar besaran karena harganya murah sehingga dianggap kurang menguntungkan bagi penanam.

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep gudeg labu siam/ labu jipang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal gudeg labu siam/ labu jipang yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Labu siam dikenal juga dengan sebutan jipang atau labu jipang, buah dan pucuk mudanya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Tanaman labu siam banyak dibudidayakan di Indonesia, batangnya merambat dan memiliki karakter mirip dengan tanaman gambas. Cara menanam labu siam tidaklah terlalu sulit karena labu siam merupakan tanaman dengan daya tahan hidup yang tinggi.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gudeg labu siam/ labu jipang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan gudeg labu siam/ labu jipang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gudeg labu siam/ labu jipang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Gudeg labu siam/ labu jipang menggunakan 13 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Gudeg labu siam/ labu jipang:

  1. Gunakan 4 buah labu siam tua iris kotak panjang (yg muda boleh hanya saja mudah lembek).
  2. Ambil 1/2 sdm ketumbar.
  3. Sediakan 7 buah kemiri goreng.
  4. Siapkan 4 siung bawang putih.
  5. Gunakan 5 siung bawang merah.
  6. Sediakan 5 iris lengkuas.
  7. Gunakan 10 buah rawit (boleh tambah boleh kurang).
  8. Sediakan Minyak untuk menumis.
  9. Gunakan 1/2 sdm garam.
  10. Siapkan 2 sdm gula merah sisir.
  11. Sediakan 1 bks kaldu ayam bubuk.
  12. Sediakan Salam, sereh, daun jeruk.
  13. Ambil 1/2 liter santen dari 1/4 butir kelapa.

Daerah yang banyak ditemukan tanaman ini adalah Pacet (Cipanas). Waktu bertanam labu siam yang baik ialah pada akhir musim hujan. Cara Menanam Labu Siam – Labu Siam (Sechium edule) adalah tanaman milik keluarga Cucurbitaceae. Tumbuhan ini memiliki ciri batang menyebar, lunak dan mengandung air.

Cara membuat Gudeg labu siam/ labu jipang:

  1. Haluskan semua bumbu lalu tumis sampai harum lalu masukan labu dan sedikit santan, tunggu sebentar…
  2. Masukan santan, salam, sereh daun jeruk…(garam, gula, penyedap jangan dimasukan sebelum empuk) tutup.. biarkan labu empuk.
  3. Setelah empuk, masukan garam, gula, penyedap… koreksi rasa… buka tutupnya dan besarkan api agar cepat surut airnya…
  4. Setelah surut sesuai selera, gudeg labu siap disajikan.

Lihat juga resep Lodeh Manisa enak lainnya. Misalnya, labu siam sering disebut dengan labu jipang, waluh jipang, dan sebutan lainnya. Tanaman sayuran labu siam tumbuh merambat dengan buahnya yang berwarna kuning, hijau muda, sampai hijau tua. Buahnya berbentuk bulat seperti lampu pijar yang menggantung dan memiliki bulu-bulu. Labu Siam banyak dibudidayakan didataran tinggi dengan suhu udara yang dingin.

Inilah artikel membikin Gudeg labu siam/ labu jipang, monggo dipraktekkan dirumah anda dengan mengikuti semua bumbu bumbu dan langkah detail tersebut. Silahkan dibookmark web ini agar anda dapat dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terbaru dari kami. Selamat masak. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Di hari yang baru. Sambutlah pagi dengan senyuman dan suasana hati yang baik.”