Sayur ketupat lebaran. Di daerah Betawi, kala Lebaran biasanya sayur ketupat Betawi tidak pernah absen di meja makan. Bumbu medok dengan rasa pedas yang khas membuat sayur ini cocok dikawinkan dengan lauk daging hingga ayam. Lihat juga resep Sayur buncis temennya ketupat lebaran enak lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ketupat Sayur Betawi ini merupakan salah satu hidangan yang identik dengan nuansa Lebaran. Rasanya gak afdol kalau lebaran tanpa ada Ketupat Sayur Betawi. Ketupat Sayur Betawi ini rasanya gurih karena rasa santan yang kuat dan isinya yang gak pelit.

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep sayur ketupat lebaran yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur ketupat lebaran yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Di daerah Betawi, kala Lebaran biasanya sayur ketupat Betawi tidak pernah absen di meja makan. Bumbu medok dengan rasa pedas yang khas membuat sayur ini cocok dikawinkan dengan lauk daging hingga ayam. Lihat juga resep Sayur buncis temennya ketupat lebaran enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur ketupat lebaran, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur ketupat lebaran enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur ketupat lebaran yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur ketupat lebaran memakai 22 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur ketupat lebaran:

  1. Gunakan 1/2 butir pepaya hijau diserut.
  2. Sediakan 1/2 kg kentang.
  3. Gunakan 1/4 kacang panjang.
  4. Sediakan 1 bh tempe dipotong potong.
  5. Gunakan 130 ml santan (aku pakai 2bks santan kara).
  6. Sediakan 500 ml Air. (secukupnya).
  7. Sediakan Bahan bahan Bumbu dapur.
  8. Ambil 6 siung bawang merah.
  9. Ambil 5 siung bawang putih.
  10. Gunakan 1¹/² ruas laos.
  11. Siapkan ¹/² ruas jahe.
  12. Sediakan 1¹/² ruas kunyit.
  13. Sediakan 3 batang sereh.
  14. Siapkan 4 butir kemiri.
  15. Sediakan 8 bh Cabe merah keriting.
  16. Ambil 7 siung bawang merah.
  17. Ambil 5 siung bawang putih.
  18. Siapkan 4 lembar Daun salam.
  19. Ambil secukupnya Garam.
  20. Sediakan secukupnya Penyedap.
  21. Siapkan secukupnya Gula pasir.
  22. Gunakan Minyak untuk menumis bumbu.

Sayur ketupat dimasak dengan santan dengan rasa pedas dan gurih. Jika ditambah petai, rasanya semakin maknyus rasanya. Biasanya resep sayur ketupat favorit ibu-ibu saat Lebaran. Resep Ketupat Sayur Khas Lebaran : Entah dari mana asalnya, yang jelas beberapa hari ini saya begitu ingin menyantap lontong dengan siraman kuah sayuran bersantan yang pedas dan gurih.

Cara menyiapkan Sayur ketupat lebaran:

  1. Potong dan cuci bersih semua bahan sayurannya.
  2. Semua bahan bumbu dapur dihaluskan semua lalu ditumis hingga harum lalu masukkan air, sayuran dan santan dan daun salam tunggu hingga mendidih dan matang..lalu angkat dan sajikan sayur ketupa.
  3. Siap mencoba 😊😊.

Kebetulan kemarin ke pasar lihat lontong dan ketupat yang tergantung di penjual makanan, tak pikir panjang langsung berburu ketupat dan lontong deh. Cara Membuat Ketupat Sayur Khas Lebaran – Halo Bunda, kali ini saya akan posting tentang salah satu menu favorit keluarga, yaitu ketupat sayur khas lebaran. Kalau bikin ketupat sayur, biasanya saya cuma masak sayur labu siam saja. Tapi kadang pakai kates (pepaya muda), nangka muda (yang sering dipakai untuk gudeg Jogja) dan kacang panjang kalau lagi ada persediaan di dapur. Klo lebaran biasa bkin sayur ketupat dngn jmlh yang bnyk udh kyk mau jualan aja.

Inilah artikel membikin Sayur ketupat lebaran, mari dilakukan dirumah anda dengan melihat semua bahan baku dan step step detail tersebut diatas. Jangan lupa dibookmark halaman ini agar anda mampu dengan mudah kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau berharap mencari artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terpopuler dari kami. Selamat memasak!. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pancaran fajar di pagi hari adalah pancaran semangat. Semangat baru di hari yang baru. Sambutlah pagi dengan senyuman dan suasana hati yang baik.”