Kue Wingko. Wingko, wiwingka or bibika, which is sometimes called wingko babat, wiwingka or bibika (rev. This kue is usually associated with Javanese cuisine. Wingko is a type of cake made mainly of coconut and other ingredients.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Nama wingko identik dengan sebutan wingko Babat atau wingko Babad. Selama ini masyarakat Lamongan mengklaim bahwa wingko merupakan makanan khas Lamongan tepatnya dari kecamatan Babat. Kue bingka (Jawi: بيڠك) is an Indonesian traditional cake that is one of the typical traditional Banjar kue mostly associated with South Kalimantan province, Indonesia.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep kue wingko yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue wingko yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue wingko, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kue wingko yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Wingko, wiwingka or bibika, which is sometimes called wingko babat, wiwingka or bibika (rev. This kue is usually associated with Javanese cuisine. Wingko is a type of cake made mainly of coconut and other ingredients.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue wingko sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kue Wingko memakai 6 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Kue Wingko:

  1. Sediakan 500 grm tepung ketan putih.
  2. Siapkan 2 butir kelapa kupas lalu diparut(kelapanya jangan terlalu tua).
  3. Ambil 1 ons mertega.
  4. Gunakan 1 butir telur.
  5. Gunakan 4 ons gula.
  6. Gunakan 1 sdt garam.

Kue bingka also found in Malay cuisine. It has very sweet, fat and soft texture. Wingko merupakan kue yang terbuat dari tepung beras ketan, dipadukan dengan gula dan gurihnya kelapa muda. Nama wingko identik dengan sebutan wingko Babat atau wingko Babad.

Langkah-langkah membuat Kue Wingko:

  1. Campur semua bahan kecuali tepung ketan,uleni dengan tangan sampai gula sedikit larut,masukan tepung ketan trus aduk sampai rata..
  2. Siapkan loyang ukuran 25×30 alasi dengan daun pisang,menggunakan mertega juga bisa..
  3. Panggang dengan oven suhu 130°, dirak bawah jika sudah terlihat cokelat dibagian pinggir…pidahkan ke rak atas tunggu sampai kecolatan.Pengovenan menggunakan api sedang yaaa biar ga gosong😣😣.
  4. Biasanya pengovenan kurleb 1,5 jam,tergantung jenis ovenya..
  5. Proses pemanggangan bisa menggunakan teflon atau cetakan kue lumpur,tergantung selera dan hasil atau bentuk yang diinginkan.
  6. Memang prosesnya lama,tapi kue yang dihasilkan heeemmm legit banget..

Selama ini masyarakat Lamongan mengklaim bahwa wingko merupakan makanan khas Lamongan tepatnya dari kecamatan Babat. Kue wingko babat ini merupakan makanan khas Semarang yang dibuat dengan bahan dasar kelapa dan juga tepung ketan yang legit dan manis. kue ini jadi hal yang wajib anda beli saat ke Semarang. Tapi jika anda tidak sempat ke semarang, maka anda bisa mencoba resep kue wingko babat yang akan kami bagikan di sini. Sejarah mencatat bahwa kue wingko ini berasal dari kita kecil bernama Babad, letaknya di Tuban, Jawa Timur. Sejak dahulu, kue wingko ini kerap di jual di Babad.

Demikianlah cara membuat Kue Wingko, monggo dilakukan ditempat anda dengan melihat semua bumbu bumbu dan langkah detail itu. Jangan lupa dibookmark halaman ini sehingga anda dapat dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, agar selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Bangun pagi dan rasakan betapa istimewanya hidup ini. Syukuri semua nikmat yang telah kau dapatkan hingga saat ini.”