Jongkong Khas Bangka.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep jongkong khas bangka yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal jongkong khas bangka yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jongkong khas bangka, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan jongkong khas bangka yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat jongkong khas bangka yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Jongkong Khas Bangka menggunakan 19 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Jongkong Khas Bangka:

  1. Siapkan Lapisan 1;.
  2. Siapkan gula merah (iris2).
  3. Siapkan air.
  4. Ambil daun pandan.
  5. Ambil Lapisan 2;.
  6. Gunakan jus pandan (5 lbr daun pandan+700 ml air, blender, saring.
  7. Sediakan santan instan kara @65ml.
  8. Gunakan tepung beras (Rose Brand).
  9. Sediakan tepung sagu (sagu tani).
  10. Sediakan gula pasir.
  11. Sediakan pasta pandan.
  12. Ambil garam.
  13. Gunakan Lapisan 3;.
  14. Gunakan air.
  15. Sediakan santan instan kara @65ml.
  16. Siapkan tepung beras (Rose Brand).
  17. Ambil tepung sagu (sagu tani).
  18. Siapkan gula pasir.
  19. Gunakan garam.

Cara membuat Jongkong Khas Bangka:

  1. Siapkan bahan..
  2. Buat lapisan 1; Rebus semua bahan hingga mendidih. Angkat dan sisihkan..
  3. Buat lapisan 2; Dalam wadah, campur jus pandan, tepung beras, tepung sagu dan 1 tetes pasta pandan. Aduk rata..
  4. Lalu saring dan tuang dalam panci anti lengket, masukkan garam, gula pasir dan santan instan..
  5. Aduk rata, nyalakan api kompor, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga kental dan meletup-letup. Sisihkan.
  6. Buat lapisan 3; Dalam wadah, campur air, tepung beras, tepung sagu. Aduk rata. Saring dan tuang dalam panci anti lengket..
  7. Lalu masukkan garam, gula pasir dan santan instan. Aduk rata. Nyalakan api kompor, masak dengan api sedang hingga kental dan meletup-letup. Sisihkan.
  8. Penyelesaian; Siapkan toples/cup saji. Saya pakai toples jar. Tuang 2 sendok sayur lapisan 1, lalu tuang lapisan 2, kemudian lapisan 3. Kalau pakai cup, tuang kurang lebih 3 sdm, lapisan 1, 3 sdm lapisan 2 dan 3 sdm lapisan 3..
  9. Kue Jongkong Khas Bangka siap disajikan.😋.

Demikian resep terbaik membikin Jongkong Khas Bangka, mari dilakukan didapur anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan petunjuk detail itu. Jangan lupa dibookmark website ini agar anda mampu dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terkini dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pancaran fajar di pagi hari adalah pancaran semangat. Semangat baru”