Paru Sambal Matah Daun Kunyit (Makan Enak Mesti Sedang Diet). Tidak baik dimakan oleh seseorang yang sedang dalam program diet karbo, karena makan ini dengan sepiring nasi udah pasti bakalan nambah 😀 Terinsfirasi dari resep Sambal Daun Kunyit Ikan Asin Telang Fermentasi Sourc. Lihat juga resep Sambal Matah Khas Bali enak lainnya. Sambal matah adalah salah satu sambal khas Indonesia yang berasal dari Bali.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Masakan khas Minang ini berbahan Paru Sapi yang telah direbus, diungkep dengan bumbu. Meski sedang diet, tetapi tetap boleh makan enak. Kebetulan yang lagi diet di rumah (ayang suam) masih diperbolehkan makan semua bumbu masakan, tapi tidak menggunakan minyak.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep paru sambal matah daun kunyit (makan enak mesti sedang diet) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal paru sambal matah daun kunyit (makan enak mesti sedang diet) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari paru sambal matah daun kunyit (makan enak mesti sedang diet), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan paru sambal matah daun kunyit (makan enak mesti sedang diet) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Tidak baik dimakan oleh seseorang yang sedang dalam program diet karbo, karena makan ini dengan sepiring nasi udah pasti bakalan nambah 😀 Terinsfirasi dari resep Sambal Daun Kunyit Ikan Asin Telang Fermentasi Sourc. Lihat juga resep Sambal Matah Khas Bali enak lainnya. Sambal matah adalah salah satu sambal khas Indonesia yang berasal dari Bali.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan paru sambal matah daun kunyit (makan enak mesti sedang diet) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Paru Sambal Matah Daun Kunyit (Makan Enak Mesti Sedang Diet) menggunakan 22 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Paru Sambal Matah Daun Kunyit (Makan Enak Mesti Sedang Diet):

  1. Siapkan Bahan Paru Rebus.
  2. Sediakan 100 g paru rebus.
  3. Sediakan 10 cm sereh.
  4. Siapkan 4 cm jahe.
  5. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  6. Ambil 3 lembar daun salam.
  7. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  8. Gunakan 1/2 sdt merica bubuk.
  9. Ambil 1/2 sdt garam.
  10. Ambil 800 ml air.
  11. Ambil Bahan Sambal.
  12. Sediakan 7 buah cabai rawit merah.
  13. Ambil 3 buah cabai rawit hijau.
  14. Gunakan 5 siung bawang merah.
  15. Ambil 3 siung bawang putih.
  16. Ambil 10 cm sereh.
  17. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  18. Ambil 1/4 lembar daun kunyit.
  19. Ambil 1/2 buah jeruk nipis.
  20. Gunakan 1/4 sdt merica bubuk.
  21. Sediakan 1 sdt kaldu jamur.
  22. Sediakan 1/2 sdt garam.

Nah ini saya buat semur tanpa minyak, rasanya sih masih tetep OK. Siapa yang tak kenal dengan sambal yang sedang hits satu ini. Disajikan dengan nasi hangat pun, makan dengan sambal yang ini saja sudah enak loh! Bisa juga direbus hingga empuk dengan bahan paru yang sama. – Setelah itu tiriskan dan iris sesuai selera. – Goreng paru dengan api sedang, sampai kering kulit luarnya. – Iris semua bahan sambal matah (bawang, serai, daun jeruk, cabai rawit).

Cara membuat Paru Sambal Matah Daun Kunyit (Makan Enak Mesti Sedang Diet):

  1. Potong-potong paru (saya pake yang sudah di rebus) menjadi bagian-bagian kecil lalu memarkan Jahe dan sereh. Kemudian rebus kembali paru yang telah di potong-potong bersama Sereh, Jahe, Daun Jeruk, Daun Salam dan tambahkan ketumbar bubuk, merica bubuk dan garam. Rebus sekitar 30-45 menit sampe air menyusut atau tersisa 1/4 bagian..
  2. Sementara menunggu rebusan paru, siapkan bahan-bahan untuk membuat sambal. Cincang halus Cabai, Sereh, Bawang, dan Daun Jeruk. Kemudian campurkan hingga rata (kecuali daun jeruk dan daun kunyit). Tambahkan 1/4 jeruk nipis lalu masukkan 1/4 sdt garam dan 1/2 sdt kaldu jamur..
  3. Tumis bahan-bahan yang telah di cincang halus menggunakan sisa kaldu dari rebusan paru tersebut. Panaskan kembali kaldu tersebut kurang lebih sebanyak 4-5 sdm. Setelah terlihat mulai sedikit layu masukkan daun jeruk dan daun kunyit, tumis hingga tercium aroma daun tersebut kemudian masukkan paru yang telah di rebus sebelum nya, tumis kembali hingga 2 menit..
  4. Siap di sajikan.

Lihat juga resep Telur Sambal Ikan Teri (Diet Minyak) enak lainnya. Resep sambal sederhana tradisional paling enak. Resep cara membuat sambal daun ubi jalar. Ada beberapa resep sambal kecap saat ini dan salah satunya yakni sambal kecap daun ubi jalar yang cukup berguna pada saat saat tertentu. Apalagi saat suami sedang panen ubi jalar, sayang kan kalau daunnya dibuang percuma.

Demikian resep mudah membuat Paru Sambal Matah Daun Kunyit (Makan Enak Mesti Sedang Diet), silahkan disajikan ditempat anda dengan mengikuti semua bahan bahan dan cara masak detail itu. Jangan lupa dibookmark halaman ini sehingga anda bisa dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin mencari artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep termudah dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Ketika Anda bangun di pagi hari, pikirkanlah apa hal yang istimewa untuk hidup, untuk bernapas, berpikir, menikmati, dan mencintai.”- Marcus Aurelius-