Sayur Godog Betawi. Sayur Godog Betawi – Betawi Vegetables in Coconut Milk. Sayur godog is a festive food and is mostly served during Lebaran (Eid al-Fitr). I know we are fast approaching Christmas and sayur godog is not exactly common on a Christmas table.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Gak melulu Lebaran Idul Fitri, sayur godog juga cocok jadi menu saat Idul Adha. Yuk, bikin dengan resep sayur godog khas Betawi berikut ini! KOMPAS.com – Orang Betawi memiliki makanan yang wajib dihidangkan saat Idul Adha yaitu sayur Godog.

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep sayur godog betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur godog betawi yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur Godog Betawi – Betawi Vegetables in Coconut Milk. Sayur godog is a festive food and is mostly served during Lebaran (Eid al-Fitr). I know we are fast approaching Christmas and sayur godog is not exactly common on a Christmas table.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur godog betawi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur godog betawi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur godog betawi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Godog Betawi memakai 13 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Godog Betawi:

  1. Gunakan 1 buah pepaya mentah ukuran sedang.
  2. Siapkan 200 gr tulang sapi.
  3. Gunakan 2 batang serai.
  4. Sediakan 2 lembar daun salam.
  5. Ambil 2 ruas jari laos.
  6. Ambil 1.5 liter santan.
  7. Siapkan Bumbu halus:.
  8. Sediakan 20 buah cabe merah.
  9. Siapkan 3 buah cabe rawit.
  10. Sediakan 12 siung bawang merah.
  11. Siapkan 5 siung bawang putih.
  12. Siapkan 1 sdt merica butir.
  13. Ambil 1 sdm ebi yg sudah direndam air hangat.

Tidak hanya Idul Adha, sayur godog juga merupakan hidangan pokok saat perayaan seperti Hari Raya Idul Fitri dan Lebaran Haji. Budayawan Betawi Yahya Andi Saputra menuturkan, jika sajian ini sudah ada sejak lama berdampingan dengan suku Betawi. Resep Sayur Godog, Menu Hari Raya khas Orang Betawi. ID – Salah satu hidangan khas Betawi pada saat Hari Raya adalah sayur godog.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Godog Betawi:

  1. Siapkan panci. Rebus tulang sapi dengan 500ml air. Rebus sampai airnya sisa setengahnya..
  2. Parut kasar pepaya atau bisa juga potong korek pepaya. Lalu cuci bersih sampai hilang getahnya. Sisihkan..
  3. Haluskan bumbu halus. Siapkan wajan. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Lalu masukkan laos, daun salam dan batang serai..
  4. Masukkan pepaya ke dalam bumbu halus. Aduk aduk sampai bumbu merata..
  5. Pindahkan tumisan pepaya kepanci rebusan tulang. Masukkan santannya. Beri gula, garam, dan penyedap rasa. Masak sampai mendidih..
  6. Sayur godog siap dihidangkan dengan ketupat & semurnya.

Menu yang satu ini sangat nikmat disantap dengan ketupat dan lauk lainnya seperti rendang atau semur. Kamu tertarik membuat sayur godog di Hari Raya. Sayur atau sambal godog khas Betawi ini umumnya menjadi salah satu menu wajib Lebaran, namun bagi keluarga besar saya, kami jarang menghidangkan masakan berkuah santan ini. Ibu saya yang lahir dan dibesarkan di Tanjung Pinang, Riau memiliki kemampuan memasak yang sangat kuat dipengaruhi oleh masakan Sumatera. Menuju ke sayur godog kali ini.

Demikian resep membuat Sayur Godog Betawi, ayo dipraktekkan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan cara masak detail tersebut. Silahkan dibookmark web ini agar anda mampu dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Selamat masak. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Selamat pagi jiwa-jiwa optimis, kesulitan yang dihadapi hari ini akan membantumu sukses di masa depan.”