Bolu kojo. Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Makanan ini ciri khas banget dengan Palembang, dan didaerah ibu di Lahat, selalu di sajikan ketika ada acara nikahan, lebaran dan acara keluarga lainnya dan nama lain bolu kojo di lahat juada basah😆 #IbuKangenKampung #SemuaTentangIbu #MakananFavoritIbu #onerecipeonetree. Bolu kojo biasanya dijual di toko oleh-oleh khas Palembang dan selalu disajikan saat acara-acara adat. Namun, keberadaan kue kojo saat ini makin langka dan sulit untuk ditemukan.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep bolu kojo yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu kojo yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kojo, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan bolu kojo enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Bolu Kojo adalah penganan khas daerah Sumatra Selatan dan daerah sekitarnya terutama di daerah Jambi, Riau, Bengkulu dan Palembang. Kojo berarti kemojo atau kamboja karena bentuk loyang yang menyerupai bunga kemboja. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat bolu kojo yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bolu kojo memakai 7 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Bolu kojo:

  1. Ambil 250 gr gula pasir.
  2. Siapkan 4 butir telur.
  3. Ambil 450 gr tepung terigu.
  4. Siapkan 100 gr margarin.
  5. Gunakan 800 ml fresh santan.
  6. Siapkan 11 daun suji.
  7. Ambil 3 daun pandan wangi.

Di Jakarta, ternyata masih ada yang tertarik untuk berbisnis kue kojo. Ia adalah Sri Tamin, seorang perempuan yang menikah dengan pria asli Sumatera Selatan. Bolu Kojo ini merupakan bolu khas daerah Sumatera Selatan yang beraroma pandan. Tekstur bolu ini sendiri tidak seperti bolu lainnya yang cenderung memiliki pori-pori dan mengembang, tektur bolu ini terlihat padat diluar tapi kalau dimakan lembut kok mungkin lebih kurang teksturnya kayak kue lumpu.

Langkah-langkah membuat Bolu kojo:

  1. Panas kan oven dan oles loyang dgn mentega taburi tepung sedikit.
  2. Potong kecil2 daun yg sudah di cuci bersih lalu blender dgn santan.
  3. Kocok telur dan gula, kocoknya biasa aja jangan sampe putih cukup sampe gula hancur aja.
  4. Tuang tepung step by step ya sampe 3/4 x agar tidak bergerindil (aku saring dulu).
  5. Tuang santan dan juga margarin yg sudah di cairkan aduk lagi pelan2.
  6. Lalu masukkan kedalam loyang dan oven selama 45mnt…
  7. Enak bgt sumpah.

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Jadi bolu ini dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Cukup bingung juga aslinya ini berasal dari riau atau palembang, tapi ternyata kue ini sama-sama khas dan berasal di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah. Kue bolu kojo pun sudah siap untuk disajikan.

Demikianlah resep membuat Bolu kojo, ayo disajikan didapur anda dengan memperhatikan semua bumbu bumbu dan step step detail diatas. Jangan lupa dibookmark web ini sehingga anda dapat dengan cepat kembali kesini jika ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep termudah dari kami. Selamat masak. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Selamat pagi jiwa-jiwa optimis, kesulitan yang dihadapi hari ini akan membantumu sukses di masa depan.”