Gudeg Basah Daun Singkong.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep gudeg basah daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gudeg basah daun singkong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gudeg basah daun singkong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan gudeg basah daun singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan gudeg basah daun singkong sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Gudeg Basah Daun Singkong menggunakan 16 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Gudeg Basah Daun Singkong:

  1. Gunakan 2 bungkus nangka muda yang dipotong- potong, setara 400 gr.
  2. Gunakan Daun singkong 1 ikat, rebus 1/2 matang.
  3. Ambil 1 kantong teh celup hitam.
  4. Ambil 500 ml santan kekentalan sedang.
  5. Gunakan 2 iris tebal lengkuas, geprek.
  6. Gunakan 3 lembar daun salam.
  7. Siapkan 1 batang serai, geprek.
  8. Siapkan 4 keping gula jawa, setara 200 gr.
  9. Sediakan secukupnya Air.
  10. Gunakan Garam dan gula pasir.
  11. Siapkan 6 butir telur, rebus dan kupas.
  12. Ambil Bumbu halus.
  13. Siapkan 10 siung bawang merah.
  14. Siapkan 5 siung bawang putih.
  15. Ambil 1 sdm butir ketumbar.
  16. Ambil 4 butir kemiri.

Cara membuat Gudeg Basah Daun Singkong:

  1. Rebus nangka sampai empuk, tiriskan, ulek kasar.
  2. Isi panci dengan air hingga setengah dari panci. Rebus bumbu halus bersama daun salam, daun serai, lengkuas dan nangka muda. Masak hingga mendidih dan agak menyusut..
  3. Tambahkan santan, gula jawa, garam, gula pasir, daun singkong, teh celup dan taruh telur rebus paling atas. Aduk perlahan. Rebus hingga kuah menyusut separuh panci. Jika warna telur sudah berubah agak coklat, angkat dan sisihkan. Koreksi rasa..
  4. Teh celup berguna sebagai pewarna coklat pengganti daun jati. Jika sudah dirasa coklat, buang teh celup. Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Koreksi rasa sekali lagi, jika sudah pas angkat dan matikan api. Proses perebusan kedua dengan santan, gula jawa garam, gula pasir serta teh celup ini memakan waktu selama 60 menit dengan api kecil. Jika ingin gudeg berwarna lebih coklat bisa ditambah takaran gula jawa dan teh celup, serta jika ingin bertekstur lebih kering, masak lebih lama lagi..

Demikian resep mudah membuat Gudeg Basah Daun Singkong, mari disajikan dirumah anda dengan melihat semua bahan dan petunjuk detail itu. Ingat dibookmark halaman ini sehingga anda bisa dengan mudah kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau bermaksud mendapatkan artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terpopuler dari kami. Selamat memasak!. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Menetapkan tujuan adalah salah satu cara untuk membuatmu melompat dari tempat tidur di pagi hari. Selamat pagi.”