Kue jongkong. Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kue Jongkong merupakan salah satu macam kue basah tradisional indonesia. Kue Jongkong memiliki rasa yang manis dengan aroma pandan yang khas. Kue jongkong ini di buat dengan bahan dasar tepung beras dan juga tepung tapioka yang di campur.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep kue jongkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue jongkong yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue jongkong, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue jongkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue jongkong sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue jongkong menggunakan 12 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Kue jongkong:

  1. Sediakan tepung beras.
  2. Gunakan tepung beras.
  3. Ambil sagu.
  4. Siapkan sagu.
  5. Ambil santan (dari 1/2 bh kelapa parut).
  6. Gunakan santan (dari 1/2 bh kelapa parut).
  7. Sediakan gula.
  8. Sediakan gula.
  9. Sediakan garam.
  10. Gunakan garam.
  11. Gunakan gula merah.
  12. Siapkan pewarna pandan.

Proses membuatnya hanya dengan mengukus kue. Jadi sangat mudah dan mudah untuk di coba. Kue Jongkong – my mom loves this! Kue Jongkong berbeda dengan bubur sum sum.

Langkah-langkah menyiapkan Kue jongkong:

  1. Sisir halus gula merah, lalu masukkan gula merah ke dalam wadah wadah kecil, sisihkan.
  2. Semua bahan yg sama,1 bagian untuk warna hijau, 1 bagian lagi tetap warna putih, campur 1 bagian untuk warna hijau tambahkan pewarna pandan,aduk rata sampai tidak bergerindil, hidupkan kompor dengan api yg sangat kecil aduk aduk 5 menit hati hati jangan sampai gosong bila sudah kental dan jadi adonan matikan,.
  3. Masukkan setengah adonan hijau di wadah yg sudah ada gula merah,sisihkan.
  4. Campur 1 bagian untuk warna putih, lakukan seperti adonan hijau, tuang adonan putih diatas adonan hijau, kukus 10 menit.
  5. Setelah matang, dinginkan jongkong, jongkong lembut manis nan wangi siap dinikmati.
  6. Sebagian jongkong saya kukus pake gelas air mineral yg penyajian nya menggunakan air gula merah yg disiramkan di jongkong.

Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Kue kuliner khas Bangka Belitung, dengan cita rasa khas manis dan gurih, teman berbuka puasa. Jongkong adalah makanan khas tradisional dari Bangka Belitung yang bentuknya mirip dengan puding. Kue Jongkong rasanya manis dan harum daun pandan sangat pas untuk buka puasa. GenPi.co – Bulan ramadhan begitu dirindukan seluruh umat muslim, begitu juga dengan kue jongkong.

Demikianlah resep mudah memasak Kue jongkong, ayo dipraktekkan ditempat anda dengan melihat semua bumbu dan langkah langkah detail itu. Jangan lupa dibookmark halaman ini sehingga anda mampu dengan mudah kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau bermaksud mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terbaru dari kami. Selamat memasak!. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Jika Anda sedang mengubah dunia, Anda bekerja untuk hal yang sangat penting. Anda akan sangat senang untuk bangun di pagi hari.”-Larry Page-