Jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg). Sayur lodeh yang enak dan gurih ini bisa menjadi pilihan untuk anda jika anda bosan dengan sayur yang itu-itu saja. Sayur lodeh ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat ditemani dengan nasi hangat pula. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera anda.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Sayur Lodeh – Walaupun bukan menu yang wow, namun sayur lodeh atau jangan lodheh adalah salah satu masakan sayur berkuah santan gurih khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah (Wikipedia Indonesia). Sayur lodeh ini terbuat dari aneka jenis sayuran yang potong-potong. Lodeh bisa menjadi pendamping nasi dan aneka lauk.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Sayur lodeh yang enak dan gurih ini bisa menjadi pilihan untuk anda jika anda bosan dengan sayur yang itu-itu saja. Sayur lodeh ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat ditemani dengan nasi hangat pula. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera anda.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg) menggunakan 22 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg):

  1. Sediakan 1/2 kg nangka muda.
  2. Ambil 3 ons kelapa parut.
  3. Siapkan 2 potong ayam rebus (potong kecil2).
  4. Siapkan 2 btg serai.
  5. Gunakan 3 lmbr daun salam.
  6. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  7. Sediakan 1 ruas laos.
  8. Siapkan secukupnya Garam.
  9. Sediakan 1 bongkah kecil Gula merah.
  10. Gunakan secukupnya Penyedap rasa.
  11. Gunakan Sejumput merica bubuk.
  12. Siapkan Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  13. Ambil Air.
  14. Ambil Bumbu halus:.
  15. Sediakan 6 siung bawang merah.
  16. Siapkan 3 siung bawang putih.
  17. Siapkan 1 ruas jahe.
  18. Ambil 1 ruas kencur.
  19. Sediakan 1 ruas kunyit.
  20. Ambil 1 sdt ketumbar.
  21. Sediakan 2 siung kemiri.
  22. Gunakan 2 buah cabai besar.

Lodeh merupakan sayur berkuah dengan santan ditambah bumbu rempah yang kuat. Meskipun lodeh merupakan sayur ala rumahan, namun sayur ini juga banyak disajikan di restoran mahal. Lihat juga resep Lodeh Blonceng Tempe enak lainnya. Sayur Lodeh / Jangan Lodeh Tradisi orang Jawa.

Cara menyiapkan Jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg):

  1. Setelah nangka muda d rebus, kemudian saring dan cuci bersih. Haluskan bumbu, dan geprek laos, serai. Robek daun jeruk dan daun salam agar keluar aromanya..
  2. Peras kelapa parut, masukkan kedalam panci yang sudah ada nangka mudanya. Sambil menumis irisan bawang merah, bawang putih, kemudian masukkan laos, serai, daun salam, daun jeruk, dan bumbu halus hingga wangi. Tuang k dalam panci. Masak jangan lupa masukkan lada bubuk, garam, penyedap dan Gula merah, tunggu hingga mendidih, masukkan ayam yg sudah d rebus, tes rasa, jika ada yang kurang. Agar santan tidak pecah sambil aduk sekali2..
  3. Catat: sesudah memotong- motong nangka, jika tangan terasa lengket akibat getah nangka, bisa dengan mengoles tangan menggunakan minyak goreng. Nah jika para bunda suka pedas boleh d tambahkan cabai (kalo kami bilang lombok 🤭) sesuai selera, dan saya juga kelupaan biasanya tiap masak yg santan atau berbumbu semacam kari atau rendang selalu d tambahkan daun kunyit, karena akan menambah citra rasa yang endul surendul. Selamat mencoba jangan lupa recook ya bun 😘..

Biasa orang Jawa itu kalau berdoa bukan hanya di mulut dan hati saja, tapi diejawantahkan, diwujudkan berupa. Memang, sayur lodeh adalah hidangan yang sederhana tetapi mampu menjadi salah satu menu favorit masyarakat Jawa apalagi isi dari menu sayur lodeh bisa di variasi sesuai dengan keinginan hati. Ketika Anda ingin memasak sayur lodeh, resep nya memang tidak paten antara satu daerah. Sayur lodeh is a traditional Indonesian dish made with vegetables stewed in coconut milk. Eggplant, jackfruit, melinjo, long beans However, sayur lodeh is so versatile that any vegetable can be utilized.

Inilah artikel membikin Jangan lodeh (sayur lodeh/ sayuran yang awet bisa jd gudeg), silahkan dilakukan didapur anda dengan melihat semua bumbu bumbu dan step step detail tersebut. Ingat dibookmark halaman ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang lainnya. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Selamat memasak!. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

Memasak adalah sama dengan bercinta. Kegembiraan hanya timbul pada suatu saat, dan sesudah itu hanya tinggal kenangan manis.