Ayam kampung Opor kuning. Resep opor ayam kuning tersebut bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Sebagai tips tambahan, usahakan menggunakan ayam kampung agar lebih gurih dan nikmat. Terlebih jika akan dihidangkan untuk keluarga dan tamu di hari raya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Mari belajar bersama 😉🐱 Opor ayam kuning jadi hidangan ikonik saat lebaran. Memang di Indonesia kurang afdol rasanya berlebaran tanpa ada sajian opor di rumah. Opor ayam kuning biasa disantap setelah shalat Ied.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep ayam kampung opor kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam kampung opor kuning yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam kampung opor kuning, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan ayam kampung opor kuning enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Resep opor ayam kuning tersebut bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Sebagai tips tambahan, usahakan menggunakan ayam kampung agar lebih gurih dan nikmat. Terlebih jika akan dihidangkan untuk keluarga dan tamu di hari raya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam kampung opor kuning yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam kampung Opor kuning menggunakan 15 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam kampung Opor kuning:

  1. Siapkan 1 ekor ayam.
  2. Sediakan 6 cabai merah keriting (sesuai selera).
  3. Siapkan 5 siung bawang putih.
  4. Gunakan 6 siung bawang merah.
  5. Siapkan 1 ruas jahe.
  6. Sediakan 1 ruas lengkuas.
  7. Siapkan 2 buah kemiri.
  8. Sediakan 2 ruas kunyit.
  9. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  10. Gunakan 3 lembar daun salam.
  11. Sediakan 1 batang serai.
  12. Sediakan 1 buah kelapa muda parut.
  13. Sediakan 1 liter air.
  14. Sediakan 1 sdm garam.
  15. Ambil 1 1/2 sdt gula.

Dimakan bersama dengan keluarga hingga tamu yang datang ke rumah. Lihat juga resep Opor Ayam –Bumbu Kuning– enak lainnya. Resep ayam opor enak dengan bumbu sederhana. Bumbu bumbu masakan ayam opor bumbu kuning yakni bawang merah, bawang putih, kunyit jahe, lengkuas, dan bahan bumbu lainnya.

Cara menyiapkan Ayam kampung Opor kuning:

  1. Cuci ayam sampai bersih lalu rebus selama 10menit.
  2. Haluskan semua bahan di atas.
  3. Panaskan minyak secukupnya, lalu masukkan bumbu halus masak sampai wangi (jika bumbu lengket tambahkan minyak goreng sedikit) lalu masukkan ayam yg sudah di rebus aduk sampai rata.
  4. Untuk santan, ambil menjadi 2 bagian. Santan pertama yaitu perasan santai cair yg dimasukkan kedalam bumbu yg sudah mulai matang. Jika sudah menggolak masukkan perasan santan yg kedua yaitu santan yg kental.
  5. Setelah semua perasan santan sudah dimasukkan tambahkan garam, gula, penyedap rasa(yg suka).
  6. Jika sudah mulai meletup2 (menggolak) matikan api dan taburkan bawang goreng.

Resep masakan opor ayam kuah kuning tradisional. Cara memasak dan membuat bumbu opor ayam kuning enak. Resep cara bikin opor ayam khas tradisional. cara membuat opor ayam kuning. Opor ini berkuah banyak, sangat cocok disajikan bersama lontong atau ketupat, sebagi sajian khas lebaran dan hari raya lainnya. Untuk hasil yang lebih gurih, gunakan ayam kampung yang segar habis dipotong.

Inilah artikel membikin Ayam kampung Opor kuning, silahkan dipraktekkan didapur anda dengan memperhatikan semua bumbu bumbu dan langkah detail tersebut. Ingat dibookmark halaman ini sehingga anda mampu dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, agar selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Selamat masak. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Setiap pagi kita dilahirkan kembali, apa yang kita lakukan hari ini adalah yang terpenting.”