Bika Ambon (Oven).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep bika ambon (oven) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bika ambon (oven) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bika ambon (oven), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bika ambon (oven) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bika ambon (oven) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bika Ambon (Oven) menggunakan 18 jenis bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Bika Ambon (Oven):

  1. Gunakan kuning telur.
  2. Ambil telur utuh.
  3. Gunakan sagu tani (atau tapioka, ayak).
  4. Sediakan gula pasir butiran halus.
  5. Gunakan susu kental manis.
  6. Siapkan margarin, cairkan tanpa mendidih.
  7. Gunakan Bahan Biang:.
  8. Ambil terigu.
  9. Sediakan air hangat kuku (50 ml).
  10. Ambil fermipan.
  11. Ambil gula pasir.
  12. Siapkan Bahan santan (hasil akhir 400ml santan kental):.
  13. Gunakan santan (200ml santan instan+300ml air).
  14. Ambil daun pandan.
  15. Siapkan daun jeruk (remas- remas).
  16. Ambil sereh, geprek.
  17. Sediakan kunyit, potong2 (sy pakai 1 sdm kunyit bubuk).
  18. Sediakan garam.

Langkah-langkah menyiapkan Bika Ambon (Oven):

  1. Siapkan semua bahan santan. Tuang dan aduk rata semua bahan dalam panci kecil, masak sambil diaduk trs dgn api kecil. Biarkan mendidih bbrp saat sehingga aroma wangi rempah keluar. Matikan api kompor dan diamkan suhu ruang..
  2. Jika sudah suhu ruang, saring dan ukur santan yg sudah dimasak tersebut sebyk 400 ml (hanya pakai 400 ml saja ya)..
  3. Campur jadi satu ragi, gula pasir dan tepung, aduk rata lalu tuang airnya sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Sisihkan hingga mengembang (tanda ragi aktif)..
  4. Kocok dgn kecepatan agak tinggi telur, susu kental manis dan gula pasir dgn whisker sampai gula larut. Lalu masukan tepung sambil diayak bertahap selang seling dgn santan. (Tepung, santan, tepung, santan, tepung,santan sambil kocok asal rata saja)..
  5. Tuang bahan biang yg sudah mengembang. Kocok asal rata saja. Terakhir tuang margarin cair, kocok lg asal rata..
  6. Saring adonan..
  7. Pukul pukul adonan dg centong kayu atau spatula (saya pakai whisker) selama kurang lebih 15 menit, tujuannya untuk memasukkan udara sebyk byknya dalam adonan sehingga akan menhasilkan serat yg cakep. Lalu diamkan adonan selama 3 jam hingga berbusa. Tutup adonan dgn kain serbet bersih..
  8. 30 menit sebelum waktu mendiamkan adonan selesai, nyalahkan dan panaskan oven API BAWAH 220 dercel, sekaligus masukan loyang yg sudah diolesi minyak sayur ke dalam oven untuk ikut dipanaskan (panaskan selama 30 menit). Posisi oven ditutup. Note: Suhu ada yg pakai 180, 200 dan 220 dercel…oven sy cocoknya disuhu 220 dercel..
  9. Setelah adonan didiamkan 3 jam adonan tampak berbuih mengembang, aduk aduk adonan sebentar agar buih hilang dgn whisker lalu tuang adonan kedalam loyang yg sudah dipanaskan sebelumnya (loyang hrs bnr bnr panas)..
  10. Masukan loyang berisi adonan kedalam oven, tutup oven di buka sedikit di ganjal dengan lidi, kain atau alumunium foil yg dilipat. Panggang sampai permukaan kue muncul gelembung gelembung kering. Waktunya bervariasi tergantung jenis oven, suhu oven dan loyang yg dipakai. Antara 40-50 menit. (Note: Ini tahap yg menentukan gagal tidaknya).
  11. Kemudian tutup rapat oven (ganjalannya diambil), atur api ATAS BAWAH suhu sama panggang sampai matang (15-20 menit). Tes tusuk jika perlu. Angkat dan letakan diatas cooling rack sampai suhu agak turun. (Note: setelah pintu oven ditutup boleh pakai api bawah saja, 5 menit terakhir baru api atas agar permukaannya sedikit eksotis warnanya.).
  12. Keluarkan dari loyang dgn cara hentakan loyang bbrp kali,lalu sisir dgn pisau ke empat sisi loyang agar mudah dilepas. Potong potong dan intip seratnya… Cantik menawan….
  13. Siap disajikan dan di hidangkan bersama minuman favorit masing masing. 😘😍. Cek juga resep bika ambon versi cetakan mini dan lebih irit telur di link dibawah ini (arsip). Enjoy it…❤ (lihat resep).

Inilah artikel membikin Bika Ambon (Oven), monggo dipraktekkan ditempat anda dengan memperhatikan semua bahan dan step step detail tersebut. Jangan lupa dibookmark halaman ini agar anda mampu dengan mudah kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep termudah dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Mulai pagi mu dengan senyum ramah dan rasa sayang pada diri sendiri, keluarga dan orang sekitar. Tebarkan senyum manis untuk mereka dan ucapkan selamat pagi.”