Gudeg Kering Wijilan. Gudeg Jogja – Bingung mencari tempat makan gudeg khas Yogyakarta yang lezat? Gudeg Yu Yah menjadi salah satu spot kuliner malam Jogja recommended bagi Anda yang suka "ngalong".. Gudeg Wijilan memang memiliki rasa yang khas.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Dengan cita rasanya yang khas pasti akan membuatnya ingin datang lagi untuk menyantap seporsi gudeg. Kreceknya diiris kecil kemudian dimasak menjadi sambal goreng kering berwarna kekuningan. Gudeg kering ini bukan berarti benar – benar kering, namun hanya dihidangkan dengan kuah yang sangat kental.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep gudeg kering wijilan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gudeg kering wijilan yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gudeg kering wijilan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan gudeg kering wijilan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Gudeg Jogja – Bingung mencari tempat makan gudeg khas Yogyakarta yang lezat? Gudeg Yu Yah menjadi salah satu spot kuliner malam Jogja recommended bagi Anda yang suka "ngalong".. Gudeg Wijilan memang memiliki rasa yang khas.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan gudeg kering wijilan sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Gudeg Kering Wijilan memakai 19 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Gudeg Kering Wijilan:

  1. Sediakan 1 kg nangka muda, dicacah.
  2. Gunakan 500 ml santan (yang kental makin bagus).
  3. Sediakan 10 bh Ceker ayam.
  4. Siapkan 5 bt telur rebus.
  5. Ambil 3 btg serai, memarkan.
  6. Sediakan 5 lb daun jeruk.
  7. Siapkan 5 lb daun salam.
  8. Sediakan 5 sdm minyak sayur.
  9. Ambil Bumbu halus :.
  10. Sediakan 9 siung bawang merah.
  11. Ambil 4 siung bawang putih.
  12. Sediakan 4 bt kemiri.
  13. Ambil 1 sdm ketumbar.
  14. Ambil 1 sdt terasi.
  15. Gunakan 100 gr gula merah.
  16. Ambil 1 sdm garam.
  17. Gunakan 5 cm lengkuas, memarkan.
  18. Gunakan 5 lb daun Jati, substitute: 200 ml air panas+3 kantong teh celup.
  19. Sediakan Secukupnya gula pasir.

Nama Yu Djum sendiri berasal dari Djuwariah. Gudeg Wijilan Bu Lies, Berawal di Emperan. Gudeg kering yang memang dipersiapkan untuk oleh-oleh dapat bertahan selama dua hari dalam perjalanan. Gudeg Wijilan memang bercita rasa khas, berbeda dengan gudeg pada umumnya.

Langkah-langkah membuat Gudeg Kering Wijilan:

  1. Masak dengan panci press cooker (presto). Masukkan berturut2 bumbu halus dan santan, aduk dulu hingga rata. Susun daun salam, serai di dasar panci. Kemudian Ceker ayam, telur rebus, dan cacahan nangka. Tutup rapat panci presto.
  2. Nyalakan api hingga terdengar suara mendesis. Masak selama 30 menit, matikan api. Dinginkan.
  3. Siapkan wajan, beri minyak. Gongseng 'glondho', masukkan nangka yang sudah dingin. Aduk hingga kuah mengering dan warna Gudeg berubah menjadi lebih pekat.
  4. Sajikan bersama sambal goreng Krecek dan Opor ayam. Yummy! 😍.
  5. (lihat resep).

Cara memasaknya pun berbeda, buah nangka muda (gori) direbus di atas. Asiknya pindah dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan transportasi publik. Kali ini berkesempatan mengajak sobat sapar untuk makan. Gudeg di Sentra Gudeg Wijilan memiliki rasa yang hampir mirip, yakni manis. Di daerah lain seperti Solo, areh yang dipakai berbentuk encer, sehingga tak kering seperti gudeg Wijilan.

Demikian resep terbaik membikin Gudeg Kering Wijilan, silahkan dipraktekkan didapur anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan langkah langkah detail tersebut diatas. Ingat dibookmark website ini agar anda mampu dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau bermaksud mendapatkan artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Selamat masak. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Hidup berawal dari mimpi. Tapi lebih baik bangun untuk menggapai mimpi daripada tidur lagi. Selamat pagi”