Gudeg Komplit. Gudeg merupakan sayur nangka yang dimasak dengan santan hingga menghasilkan areh (kuah) yang kental. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain sayur nangka, biasanya gudeg disajikan juga dengan sambal goreng krecek.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Nasi Gudeg Komplit is the name of a whole meal, which is two recipes in one: Green Jackfruit sweet stew and chicken braised in coconut milk. And, each main recipe has a sub-recipe for the special spice paste needed. Udah komplit nich Gudeg dan kawan-kawannya, se-paket.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep gudeg komplit yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal gudeg komplit yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Gudeg merupakan sayur nangka yang dimasak dengan santan hingga menghasilkan areh (kuah) yang kental. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain sayur nangka, biasanya gudeg disajikan juga dengan sambal goreng krecek.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gudeg komplit, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan gudeg komplit enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat gudeg komplit sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Gudeg Komplit menggunakan 37 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Gudeg Komplit:

  1. Siapkan Gudeg :.
  2. Siapkan Nangka, potong sedang.
  3. Siapkan telur rebus.
  4. Siapkan Ceker.
  5. Ambil Daging sapi koyor.
  6. Ambil paha ayam.
  7. Ambil Kol, jadikan lembaran.
  8. Sediakan Bumbu Gudeg halus :.
  9. Ambil bawang merah.
  10. Siapkan bawang putih.
  11. Gunakan kemiri.
  12. Ambil ketumbar.
  13. Siapkan Bumbu Gudeg :.
  14. Ambil daun salam.
  15. Siapkan lengkuas.
  16. Siapkan daun jeruk.
  17. Ambil Gula Merah secukupnya (usahakan yang berwarna coklat tua, agar gude berwarna coklat ketuaan).
  18. Sediakan santan (ambil airnya).
  19. Siapkan penyedap rasa.
  20. Sediakan Sambal goreng Kentang :.
  21. Sediakan kentang.
  22. Gunakan krecek.
  23. Ambil bumbu halus :.
  24. Siapkan bawang merah.
  25. Gunakan bawang putih.
  26. Siapkan kemiri.
  27. Siapkan cabe merah besar.
  28. Siapkan cabe rawit.
  29. Siapkan daun serai.
  30. Sediakan lengkuas.
  31. Ambil ebi.
  32. Gunakan daun jeruk.
  33. Ambil sambal terasi.
  34. Sediakan cabe merah besar.
  35. Ambil cabe rawit.
  36. Sediakan bawang putih.
  37. Sediakan terasi bakar.

Sayangnya Sambal Goreng Kreceknya kurang Kacang Tolo, khas Yogya, padahal kreceknya sudah otentik dari Yogya dikirimi oleh kakak lebaran kemaren. Mengolah Resep gudeg Kering Komplit ternyata tidak sulit bukan? Kuliner nusantara memang memiliki keunikan yang sangat bervariasi. Dengan kita menikmati dna belajar membuatnya sendiri di rumah sebagai hidangan untuk keluarga, ini bisa membantu menjaga kelestarian kuliner tradisional khas Indonesia.

Langkah-langkah membuat Gudeg Komplit:

  1. Kupas nangka, cuci, dan rebus sebentar hingga buih buih getah keluar, sambil menunggu nangka direbus, kita bisa menghaluskan bumbu halus untuk gudeg (bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar), setelah nangka mendidih, buang airnya dan tiriskan nangka.
  2. Campurkan bumbu halus dengan air santan, garam, dan penyedap rasa. Test rasa, jangan terlalu asin, mengingat akan menyusut selama 6 jam, Tekstur gudeg adalah lebih ke manis dan gurih.
  3. Step selanjutnya menata dalam panci, siapkan nangka, bumbu halus, daun salam, gula merah, lengkuas, daun jeruk, kol, ceker, telur, daging koyor. Tata dengan kombinasi paling bawah yaitu bumbu halus, diatasnya daun salam, gula merah, kol, nangka, ceker, lengkuas, daging sapi koyor, lakukan berulang hingga nangka habis, masak dengan api kecil kira kira 6 jam lebih tanpa berhenti, sesekali silahkan diaduk.
  4. Memasak sambel goreng kentang : iris kentang ukuran dadu, kemudian goreng, sambil menggoreng kentang, kita bisa menyiapkan bumbu halus, yaitu, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah, cabe rawit. Kemudian Tumis bumbu halus, serai, daun salam, ebi, lengkuas hingga harum, masukkan kentang yang sudah digoreng dan krecek, beri air secukupnya kemudian taburi garam dan penyedap rasa, terakhir masukkan santan, dan test rasa.
  5. Membuat sambal terasi : haluskan Cabe merah, cabe rawit, bawang putih, terasi, garam secukupnya.
  6. Selamat mencoba, ini adalah hasil karya kami saat kami Open order pas puasa kemarin, alhamdulillah sold out. Semangat #daripengenjadibisa Cooking is Easy, Cooking is Fun.

Yogyakarta, kota istimewa yang terkenal dengan julukan kota pelajar ini memang selalu memiliki beragam keunikan yang menarik wisatawan. Tidak hanya tempat bersejarahnya, Yogyakarta sering menjadi tempat andalan bagi orang-orang yang ingin berlibur. Gudeg jogja sendiri memiliki beberapa varisi diantaranya gudeg jogja ncc, presto dan juga keluarga nugraha. Namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep gudeg jogja asli dan komplit dengan berbagai pelengkap yang istimewa. Silahkan di simak dengan seksama agar bisa menghasilkan masakan gudeg yang diharapkan!.

Demikian artikel membikin Gudeg Komplit, mari disajikan didapur anda dengan mengikuti semua bumbu dan cara masak detail tersebut diatas. Silahkan dibookmark website ini agar anda dapat dengan mudah kembali kesini jika ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Happy Cooking. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Jangan pernah berhenti percaya pada harapan, karena keajaiban terjadi di setiap hari.”