Jongkong khas Bangka Belitung.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep jongkong khas bangka belitung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal jongkong khas bangka belitung yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari jongkong khas bangka belitung, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan jongkong khas bangka belitung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan jongkong khas bangka belitung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Jongkong khas Bangka Belitung memakai 20 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Jongkong khas Bangka Belitung:

  1. Gunakan Bahan A / Lapis 1 (Air Gula).
  2. Siapkan gula merah, iris tipis.
  3. Ambil gula pasir.
  4. Ambil air.
  5. Siapkan Bahan B / Lapis 2 (Sum-Sum Hijau Pandan).
  6. Sediakan air + 10 lbr pandan & 4 lbr suji, blender saring ambil air.
  7. Sediakan tepung beras.
  8. Siapkan tepung sagu / 15 gr.
  9. Sediakan santan kental.
  10. Gunakan garam.
  11. Sediakan gula.
  12. Siapkan Bahan C / Lapisan 3 (Bubur Sum-Sum Putih).
  13. Gunakan santan kental.
  14. Gunakan air.
  15. Ambil tepung beras.
  16. Sediakan tepung sagu.
  17. Gunakan garam.
  18. Siapkan gula.
  19. Sediakan vanili ekstrak (boleh skip).
  20. Ambil Cup agar untuk wadah.

Cara menyiapkan Jongkong khas Bangka Belitung:

  1. Siapkan cup agar-agar sebanyak 20 buah.
  2. Masukkan semua bahan A ke dalam panci, masak hingga gula mendidih dan mengental. Angkat dan tuangkan ke dalam cup agar yang sudah disiapkan. Takaran 2 sdm.
  3. Masukkan semua bahan B ke dalam wajan, aduk hingga larut. Nyalakan kompor, lalu masak dengan api kecil hingga tekstur menjadi seperti adonan. Kemudian tuang ke dalam wadah yang sudah terisi gula merah tadi sebanyak 3 sdm atau bisa dikira-kira..
  4. Masukkan semua bahan C, aduk hingga rata & tidak bergerindil. Nyalakan kompor, masak dengan api kecil sambik terus diaduk hingga kental & meletup-letup. Angkat dan tuangkan ke dalam cetakan yang sudah diisi adonan hijau tadi. Dinginkan lalu tutup dengan tutup mika..
  5. Ini yah penampakannya. Bisa disimpan di lemari es biar lebih mantep. Selamat mencoba moms.

Inilah resep membikin Jongkong khas Bangka Belitung, ayo dilakukan ditempat anda dengan mengikuti semua bumbu bumbu dan cara masak detail tersebut diatas. Ingat dibookmark web ini jadi anda bisa dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau berharap mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terkini dari kami. Selamat memasak!. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com