Kuah pliek aceh. Kuah pliek u is a traditional dish from the Aceh region. At first glance it resembles curry, but it contains a selection of mixed vegetables and the sauce is made from special ingredients. Kuah pliek u is a well-known traditional dish in Aceh, especially on Aceh's east coast.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Orang Aceh pasti tidak asing lagi sama yang namanya kuah pliek u atau gulai patarana yang rasanya asem dan pedas paling enak ditemani sama sambalado dan ikan asin. Menu yang dikenal sebagai gulainya para raja ini biasa disajikan ketika ada perhelatan. Nama kuah pliek u berasal dari bahan dasarnya, yang tak lain adalah pliek u.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep kuah pliek aceh yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kuah pliek aceh yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kuah pliek aceh, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan kuah pliek aceh enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Kuah pliek u is a traditional dish from the Aceh region. At first glance it resembles curry, but it contains a selection of mixed vegetables and the sauce is made from special ingredients. Kuah pliek u is a well-known traditional dish in Aceh, especially on Aceh's east coast.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kuah pliek aceh yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kuah pliek aceh menggunakan 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Kuah pliek aceh:

  1. Sediakan Daun ubi.
  2. Ambil Jagung.
  3. Sediakan Kacang panjang.
  4. Ambil Rimbang.
  5. Gunakan Nangka putik.
  6. Gunakan Pepaya putik.
  7. Ambil Cabe ijo potong petak2.
  8. Sediakan Rebong bambu dll.
  9. Siapkan UNTUK BUMBU HALUS :.
  10. Siapkan Bawang merah.
  11. Gunakan Cabe merah.
  12. Siapkan Cabe rawit.
  13. Gunakan Bawang putih.
  14. Siapkan Jahe.
  15. Ambil Kunyit.
  16. Siapkan Ketumbar.
  17. Gunakan Lada.
  18. Ambil Jintan.
  19. Siapkan Kelapa sangrai.
  20. Sediakan PLIEK U (PATARANA).
  21. Sediakan Santan.

Masyarakat setempat juga mengenalnya dengan nama patarana. Lihat juga resep Kuah Pliek U Chu khas Aceh enak lainnya. Kuah Pliek U merupakan makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat. Kuah Pliek U juga termasuk dalam makanan yang cukup terkenal.

Langkah-langkah menyiapkan Kuah pliek aceh:

  1. Panas kan munyak :.
  2. Tumis daun salam,serei,lengkuas,daun pandan,daun kari, bunga lawang dan kapulaga.
  3. Lalu masukka cabe merah desak. Masukka bumbu halus nya.bersama santan.
  4. Setelah santan mendidih masukkan sayur yg sudah di rebus sbntar,smbil di aduk2 perlahan…
  5. Selamat mncoba.

Bahkan sampai ada yang mengatakan jika berkunjung ke Aceh, wajib mencicipi makanan satu ini. Makanan ini sangat terkenal serta bisa ditemukan di berbagai rumah makan yang ada di Aceh. Kuah Pliek U semakin nikmat jika disantap bersama nasi hangat dan ikan asin. Namun dimakan tanpa lauk pendamping pun juga tak kalah sedap. Bagian dari tradisi Aceh Ibu-ibu memasak kuah pliek via Instagram ceritabireuen.

Inilah artikel memasak Kuah pliek aceh, silahkan dipraktekkan dirumah anda dengan melihat semua bumbu bumbu dan langkah langkah detail itu. Ingat dibookmark website ini jadi anda mampu dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terpopuler dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Hari berganti dan pagi telah datang. Sambut pagi dengan semangat baru dan jangan terpaku dengan masa lalu. Langkahkan kaki ke depan untuk menatap masa depan yang lebih baik.”