Kuah Pliek U Chu khas Aceh. Lihat juga resep Kuah Pliek U Chu khas Aceh enak lainnya. Resep Kuah Pliek (Gulai Patarana Masakan Khas Aceh). Orang Aceh pasti tidak asing lagi sama yang namanya kuah pliek u atau gulai patarana yang rasanya asem dan pedas paling enak ditemani sama sambalado dan ikan asin.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Masyarakat setempat juga mengenalnya dengan nama patarana. Pada dasarnya patarana adalah ampas […] Di Aceh, ada sebuah gule nikmat bernama Kuah Pliek U. Jika dilihat sepintas, Kuah Pliek U memiliki tampilan mirip gulai.

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep kuah pliek u chu khas aceh yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kuah pliek u chu khas aceh yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kuah pliek u chu khas aceh, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kuah pliek u chu khas aceh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Kuah Pliek U Chu khas Aceh enak lainnya. Resep Kuah Pliek (Gulai Patarana Masakan Khas Aceh). Orang Aceh pasti tidak asing lagi sama yang namanya kuah pliek u atau gulai patarana yang rasanya asem dan pedas paling enak ditemani sama sambalado dan ikan asin.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kuah pliek u chu khas aceh yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kuah Pliek U Chu khas Aceh memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kuah Pliek U Chu khas Aceh:

  1. Ambil 1 Kg Chu, potong ujung nya.
  2. Gunakan 1 ons plik u (kelapa yang sudah dibusukkan).
  3. Ambil 3 Ikat Daun Melinjo.
  4. Gunakan 2 Ons Buah Melinjo.
  5. Siapkan 10 Kacang panjang, potong 3 cm.
  6. Siapkan 3 Batang Bak kala (kecombrang), potong menyerong.
  7. Gunakan 2-3 Daun Jeruk Purut.
  8. Gunakan 1 Batang sereh, digeprek.
  9. Sediakan Santan 1 kelapa.
  10. Ambil 1 Buah Pepaya hampir masak, potong dadu.
  11. Ambil 1/2 sendok teh Kunyit bubuk.
  12. Siapkan Sedikit Terong bulat/tekokak (bila suka).
  13. Siapkan Bahan yang dihaluskan.
  14. Sediakan 4-5 Cabe rawit.
  15. Sediakan 4-5 Cabe merah.
  16. Gunakan 3 Siung bawang merah.
  17. Sediakan 2 Siung Bawang putih.
  18. Gunakan 1 cm Jahe.

Namun hidangan populer asal negeri Serambi Mekkah ini punya ciri khas tersendiri. Selain bahan dasarnya yang unik, kuliner Aceh tradisional ini juga punya peran tersendiri dalam budaya di negeri Rencong tersebut. Kuah Pliek U merupakan makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat. Kuah Pliek U juga termasuk dalam makanan yang cukup terkenal.

Langkah-langkah membuat Kuah Pliek U Chu khas Aceh:

  1. Rendam chu 1 malam agar daging a tidak bercampur dengan pasir.
  2. Gonseng Plik U sampai kecoklatan.
  3. Masukkan bahan yang dihaluskan dan semua bahan lainnya.
  4. Tambahkan garam dan cek rasa.
  5. Masak sampai pepaya matang.

Bahkan sampai ada yang mengatakan jika berkunjung ke Aceh, wajib mencicipi makanan satu ini. Makanan ini sangat terkenal serta bisa ditemukan di berbagai rumah makan yang ada di Aceh. Kuah pliek-u adalah salah satu masakan seperti gulai berasal dari Aceh. Masakan ini memiliki bahan dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua yang telah melalui proses pemerasan minyaknya. Pada umumnya, masakan ini dilengkapkan dengan daun dan buah melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun pepaya, daun singkong, rebung, kadang kala disajikan dengan chu (sejenis siput yang […] Kuah Pliek U ini merupakan makanan khas Aceh yang berasal dari Aceh Barat.

Demikian resep membuat Kuah Pliek U Chu khas Aceh, silahkan dilakukan ditempat anda dengan memperhatikan semua bumbu dan petunjuk detail tersebut diatas. Silahkan dibookmark halaman ini agar anda bisa dengan mudah kembali kesini apabila ada yang terlupa atau berharap mendapatkan artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, agar selalu mendapatkan update resep termudah dari kami. Selamat masak. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pagi akan terasa biasa jika kau lalui dengan begitu saja. Sambut pagi dengan senyuman dan semangat. Selamat pagi.”