Lapis Jongkong.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep lapis jongkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal lapis jongkong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari lapis jongkong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan lapis jongkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah lapis jongkong yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Lapis Jongkong menggunakan 8 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Lapis Jongkong:

  1. Ambil santan dari 1 butir kelapa.
  2. Sediakan gula pasir.
  3. Sediakan garam.
  4. Gunakan tepung beras.
  5. Sediakan tepung sagu.
  6. Sediakan air abu merang(8 sdm abu merang dilarutkan dalam 150 ml air,saring).
  7. Siapkan air daun suji (35 lembar daun suji+ 4 lembar daun pandan di blender dengan 150 ml air,saring).
  8. Ambil kelapa,diparut kasar (kukus dengan diberi garam+daun pandan).

Langkah-langkah menyiapkan Lapis Jongkong:

  1. Rebus santan sampai mendidih tapi jangan sampai pecah..
  2. Dinginkan, ambil 1125 ml santan kentalnya. masukkan garam dan gula,aduk rata..
  3. Campur tepung beras dan tepung sagu. tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk ke dalam campuran tepung sampai adonan licin..
  4. Bagi menjadi dua adonan. satu ditambahkan air abu merang dan satu lagi ditambah air daun suji,aduk rata..
  5. Panaskan loyang ukuran 16x16x7 yang sudah dialasi plastik dan diolesi minyak di setiap sisinya..
  6. Tuang pertama lapisan hitam,kukus 5 menit lalu tuang lapisan hijau.kukus 5 menit,terus ulang sampai adonan habis. terakhir kukus 15 menit, angkat. biarkan dingin baru dipotong-potong..
  7. Sajikan dengan kelapa parut :).

Inilah resep mudah membuat Lapis Jongkong, silahkan dilakukan dirumah anda dengan melihat semua bahan baku dan langkah detail itu. Ingat dibookmark website ini jadi anda dapat dengan mudah kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terpopuler dari kami. Selamat masak. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Jangan pernah berhenti percaya pada harapan, karena keajaiban terjadi di setiap hari.”