Opor Ayam Kampung. Lezatnya Opor Ayam Kampung, Tekstur Daging Empuk hingga ke Tulang. Mencicipi opor ayam (Foto: Instagram @tsaniwismono) JAKARTA, iNews.id – Opor ayam menjadi salah satu menu paling digemari banyak orang. Biasanya, menu opor ayam disantap bersama ketupat dan disajikan saat perayaan Idul Fitri.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ada banyak kreasi opor ayam dengan sedikit perbedaan pada bumbu dan bahan tambahan yang digunakan untuk melengkapi ayam sebagai komponen utamanya. Arisan recook kedua foodtographyclub nih, dimenangin mbak Azizah Prantoro, kali ini recook resep opor ayam kampung nya. Bumbunya kutambahin paket bumbu dapur opor sachet yang ada bunga lawang,cengkeh, kayu manis, dll nya (bukan bumbu instan).

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep opor ayam kampung yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kampung yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kampung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan opor ayam kampung yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Lezatnya Opor Ayam Kampung, Tekstur Daging Empuk hingga ke Tulang. Mencicipi opor ayam (Foto: Instagram @tsaniwismono) JAKARTA, iNews.id – Opor ayam menjadi salah satu menu paling digemari banyak orang. Biasanya, menu opor ayam disantap bersama ketupat dan disajikan saat perayaan Idul Fitri.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam kampung yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor Ayam Kampung memakai 20 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Ayam Kampung:

  1. Sediakan 1 ekor ayam kampung ukuran 900 gram hingga 1 kg.
  2. Gunakan 2 lembar daun salam.
  3. Siapkan 1 sereh digeprek.
  4. Gunakan Lengkuas 4 cm di bagi 2 lali digeprek.
  5. Gunakan 2 lb daun jeruk.
  6. Sediakan 5 telur ayam direbus lalu dikupas.
  7. Siapkan 5 potong tahu kotak diiris melintang jadi 2.
  8. Sediakan Santan 4 liter (saya pakai 3 kara sachet ukuran 60 ml dan ditambah air).
  9. Siapkan Bahan bumbu halus :.
  10. Sediakan 9 buah bawang merah.
  11. Siapkan 6 buah bawang putih.
  12. Sediakan 1 ruas kunyit bakar (6 cm).
  13. Ambil 1 ruas jahe bakar (3 cm).
  14. Gunakan 1 sdm ketumbar sangrai.
  15. Ambil 1 sdt merica.
  16. Sediakan 1/4 sdt jinten.
  17. Ambil 2 buah kemiri sangrai.
  18. Siapkan 2,5 sdm garam (secukupnya).
  19. Gunakan 1 sdt bumbu kaldu jamur.
  20. Siapkan 1,5 sdt gula pasir (secukupnya).

U ntuk opor ayam kali ini saya tidak menggunakan ayam kampung melainkan ayam potong ukuran jumbo yang baru saja saya temukan di Pasar Blok A. Secara tidak sengaja, beberapa waktu yang lalu saat saya iseng naik ke lantai satu di pasar, saya melihat ada satu penjual yang menjajakan ayam potong yang berbeda dari biasanya. Opor ayam sendiri biasanya dibuat menggunakan ayam kampug atau ayam negeri, yang pasti rasanya lebih menang ayam kampung. Tetapi itu semua tergantung selera masing-masing, bicara ayam kampung kita harusnya tau dulu asal-usul ayam asli Indonesia ini.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Kampung:

  1. Cuci bersih ayam kampung dalam air mengalir kemudian beri perasan jeruk nipis sebentar (10 – 12 menit saja).
  2. Siapkan bumbu halus dan tumis hingga harum dan masukan daun salam, sereh dan lengkuas serta daun jeruk hingga tercampur rata dan harum, lalu masukkan ayam kampung, telor dan tahu putih sambil di aduk2 lalu tuang air 1 liter masak hingga bumbu meresap. (tergantung dari usia ayam, saya pakai ayam setengah tua kalau untuk opor ayam).
  3. Setelah ayam sudah mulai empuk dan bumbu meresap (air bumbu menyusut hinga hampir kering) lalu tuangkan 4 liter santan. Aduk2 santan bersama ayam pelan2 sampai mendidih dan cicipi rasa kalau sudah pas masak dulu hingga aroma santan menyatu dengan bumbu. Jika ayam sudah empuk dan bumbu rasanya dah menyatu, matikan kompor. Opor ayam kampung siap dihidangkan..

Membuat opor ayam istimewa tidaklah sulit. Ketika sudah memasukkan santan kental, Anda harus selalu mengaduknya dan gunakan api kecil agar santan tidak pecah. Agar opor terasa lebih gurih, disarankan untuk menggunakan daging ayam kampung. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan bermacam-macam bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Resep ini Resep andalan saya. setiap lebaran atau lagi pengen masak opor selalu pakai resep ini. dan sudah sy share di cookpad alhamdulillah yg recook juga.

Inilah cara memasak Opor Ayam Kampung, silahkan dipraktekkan didapur anda dengan melihat semua bumbu bumbu dan cara masak detail diatas. Silahkan dibookmark web ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau ingin mencari artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, agar selalu memperoleh update resep terenak dari kami. Selamat masak. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Sambut pagi hari dengan semangat baru. Jangan mengeluh tentang hari kemarin. Jadikan hari kemarin sebagai pembelajaran dan hari ini sebagai upaya memperbaiki diri. Selamat pagi.”